Helo Timor Leste

Tahun 2024 Adalah Tahun Kabisat, Begini Cara Menghitungnya

Satwika Rumeksa - Ragam
Kamis, 29 Feb 2024 14:33
    Bagikan  
Tahun Kabisat
Getty

Tahun Kabisat - Anthony, di perbatasan Texas-New Mexico, memproklamirkan diri sebagai Ibu Kota Dunia Tahun Kabisat.

HELOTIMORLESTE.COM - Kamis, 29 Februari adalah hari kabisat — itu adalah sesuatu yang jarang Anda dengar. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang hari yang terjadi hampir setiap empat tahun sekali.

Apa itu tahun kabisat?
Tahun kabisat adalah tahun ketika satu hari tambahan ditambahkan ke kalender Gregorian modern – kalender yang paling banyak digunakan di dunia, dinamai Paus Gregorius XIII – pada bulan terpendek dalam setahun. Hari ekstra di bulan Februari membuat total hari biasa kita yaitu 365 hari menjadi 366 hari.

Mengapa tahun kabisat penting?
Sebuah planet harus sejajar dengan bintang-bintangnya. Dibutuhkan 365 hari dan sekitar enam jam — atau 365.242189 hari — bagi Bumi untuk mengorbit mengelilingi matahari.

Karena mengikuti kalender Masehi, angkanya dibulatkan menjadi 365 saja. Untuk menghitung enam jam,  menambahkan satu hari ekstra hampir setiap empat tahun. Tahun kabisat terakhir kita adalah pada tahun 2020, jadi tahun 2024 adalah tahun dimana kita menambah waktu tambahan tersebut.

Kami juga harus menyelaraskan kalender kami dengan musim. Enam jam tambahan akan mengubah musim sekitar 24 hari kalender dalam 100 tahun. Jika kita menghentikan tahun kabisat, berabad-abad dari sekarang, keturunan kita bisa merayakan Natal di bulan Juli.

Siapa penemu tahun kabisat?
Mari kita kembali ke tahun 46 SM, ketika Julius Caesar menciptakan kalender Julian. Kekaisaran Romawi menyadari bahwa kalender mereka menyimpang ketika orang Romawi menghitung satu tahun menjadi 355 hari.

Baca juga: Sebelum Nonton Dune Part 2, Ini Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Film Calon Box Office Ini

Caesar memutuskan untuk menghitung satu tahun dengan 365,25 hari, menambahkan satu hari ekstra setiap empat tahun. Hal ini didasarkan pada aturan yang dibahas di bawah ini — bahwa tahun yang habis dibagi empat adalah tahun kabisat.

Namun hal itu tidak menyelesaikan masalah. Perhitungan tersebut menghasilkan tahun kabisat yang terlalu banyak karena perjalanan bumi mengelilingi matahari adalah 365.242 hari. Kalender Julian ternyata 11 menit 14 detik lebih lama dibandingkan tahun tropis – waktu yang diperlukan agar musim berulang.

Pada akhir abad ke-16, Paus Gregorius XIII memperbaiki penyesuaian kalender kita dengan musim.

Bagaimana cara menghitung tahun kabisat?
Tahun kabisat biasanya terjadi setiap empat tahun sekali, namun ada beberapa pengecualian. Tahun tersebut harus habis dibagi 4 agar menjadi tahun kabisat.

Bukan tahun kabisat jika tahunnya bisa dibagi rata dengan 100 kecuali tahun tersebut juga bisa dibagi rata dengan 400, terima kasih kepada Paus Gregorius XIII.

Lamaran

Jika perhitungannya tidak masuk akal bagi Anda, inilah yang terjadi pada tahun 2000.

Tahun 2000 adalah tahun kabisat, namun melanggar salah satu aturan:

2000/4 = 500 ✅ ...Itu melengkapi aturan pertama.

2000/100 = 20 ❌ ...Itu melanggar aturan tahun kabisat,

Kecuali…

2000/400 = 5 ✅ …Yang memecahkan masalah itu!

Baca juga: Timor Leste Diterima Sebagai Anggota WTO, AS Beri Pujian

Sesuai aturan, tidak ada tahun kabisat pada tahun 1900 dan tidak akan ada tahun kabisat pada tahun 2100.

Jadi kamu lahir pada tahun kabisat. Berapa umurmu sebenarnya?

Lima juta “kabisat” yang lahir pada hari kabisat biasanya merayakan ulang tahun mereka pada tanggal 28 Februari atau 1 Maret pada apa yang disebut “tahun-tahun biasa”.

Karena 29 Februari sebenarnya adalah sebuah tanggal, maka tanggal tersebut masih digunakan pada dokumen penting seperti tanda pengenal dan paspor.

Beberapa lompatan dapat menimbulkan beberapa masalah karena banyak sistem pemerintahan dan beberapa situs web yang mengharuskan Anda memasukkan tanggal lahir tidak mengenali 29 Februari.

Terlepas dari ketidaksempurnaan sistem pemerintahan, orang-orang yang melompat masih bisa memilih untuk menjadi muda selamanya di hari ulang tahun mereka:

1924: Anda mungkin berusia 100 atau 25 tahun. Keduanya merupakan tonggak sejarah.

1940: Anda akan berusia 84 tahun atau 21 tahun. Jika Anda memilih yang terakhir, Anda sudah lama terlambat untuk minum.

1952: Anda berusia 72 atau 18 tahun, namun Anda berhak memilih lebih dari lima dekade lalu.

1960: Anda akan berusia 64 tahun atau akhirnya merayakan usia 16 tahun yang manis.

1984: Anda bisa berusia 40 tahun atau baru memulai dua digit pada usia 10.

2000: Beri tahu mereka bahwa Anda berusia 24 atau 6 tahun. Cari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon anak seperti Brady Olsen, dari Cottonwood, California.

2024: Selamat datang di dunia kalender Gregorian dan kegilaan hari kabisat! Masih bertingkah seperti bayi pada tahun 2028 akan sangat masuk akal karena lompatan yang lahir tahun ini akan menjadi 1 atau 4 pada hari kabisat berikutnya.

Baca juga: Timor Leste Menyiapkan Anggara Khusus untuk Menyambut Kedatangan Paus Fransiskus

Apakah planet lain mempunyai tahun kabisat?
Ya, penduduk Mars juga terlempar ke Mars. “Sol” adalah hari di Mars, jadi satu tahun di Mars sama dengan 668 sol.

Namun Mars membutuhkan 668,6 sol untuk mengelilingi matahari. Jadi, sama seperti Bumi, perlu ada tambahan satu hari lagi untuk mengejar ketinggalan.

Menurut NASA, dalam kurun waktu 10 tahun, Planet Merah memiliki 668 sol dalam empat tahun dan 669 sol dalam enam tahun. Hal ini memberi Mars lebih banyak tahun kabisat dibandingkan tahun biasa.

Apa sajakah tradisi dan takhayul hari kabisat?
Karena tahun kabisat dianggap sebagai hari yang unik, daya tarik untuk melakukan “lompatan” besar menjadi populer di kalangan pasangan yang ingin memanfaatkan kejadian yang jarang terjadi ini.

Misalnya saja, tradisi yang sudah ada sejak 1.600 tahun lalu di AS dan Eropa memberikan kesempatan langka bagi perempuan untuk melamar pasangannya.

Pasangan yang tak ingin merasakan tekanan karena harus merayakan ulang tahun pernikahannya setiap tahun ini memutuskan untuk menikah di hari kabisat. Dengan begitu, mereka bisa memilih untuk mengadakan perayaan besar setiap empat tahun sekali.

Namun, banyak pasangan Yunani dan Ukraina percaya bahwa jika Anda menikah pada 29 Februari, kemungkinan besar Anda akan bercerai karena takut memulai sesuatu yang baru pada tanggal tersebut.

Menurut surat kabar California, Redding Record Searchlight, para sejarawan mencatat bahwa di masa lalu, orang-orang Eropa dan Amerika mengira orang-orang yang melompat akan “menderita di kemudian hari” karena dilahirkan pada hari kabisat.

Namun, Anthony, Texas, tidak melihatnya seperti itu. Kota kecil di Kabupaten El Paso mengadakan festival empat hari untuk merayakan tahun kabisat dan tahun kabisatnya.**