Helo Timor Leste

Pilot Tinggalkan Kokpit dan Kopilot Saat Ketinggian 30 Ribu Feet, Namun Malah Dapat Pujian

Ugu - Ragam
Kamis, 14 Mar 2024 12:16
    Bagikan  
Jakarin Sararnrakskul
Instagram

Jakarin Sararnrakskul - Pilot pahlawan memutuskan menjadi bidan

Helotimorleste- Jakarin Sararnrakskul, seorang pilot komersial Thailand dengan pengalaman 18 tahun, mendadak memutuskan meninggalkan kokpit pada ketinggian 30.000 feet dan serahkan sepenuhnya pengendalian pesawat kepada Kopilot perempuan. Namun aksinya justru menuai pujian.

Bahkan Jakarin menjadi pahlawan dan idola di media sosial setelah aksinya yang luar biasa dalam penerbangan dari Taipei ke Bangkok pada 23 Februari 2024 lalu.

Baca juga: Temuan KNKT, Pilot dan Copilot Batik Air Tertidur 28 Menit Selama Penerbangan

Di tengah penerbangan, Jakarin yang mengendalikan pesawat VietJet persiapan akan mendaratkan pesawatnya, namun ada kejadian ditemukan wanita di salah satu kamar mandi hendak melahirkan dilaporkan oleh awak kabin.

Jakarin, tahu bahwa menerbangkan pesawat kembali ke bandara keberangkatan atau mendarat di bandara lain akan terlambat bagi perempuan tersebut.

Lantas Pilot dari satu anak ini memutuskan untuk menjadi bidan, Dia meninggalkan kokpit beserta kopilot perempuannya di kendali dan bergegas menuju calon ibu.

Meskipun belum pernah membantu persalinan sebelumnya, Jakarin nekat membantu proses persalinan dengan penuh dedikasi.

Baca juga: Pilot Meninggal di Kamar Mandi dalam Penerbangan Miami yang Membawa 271 Penumpang

Belum diungkapkan detail tantangan yang dihadapinya saat melahirkan, namun tindakan Jakarin berhasil melahirkan bayi laki-laki yang baru lahir ke dunia.

Bayi laki-laki tersebut kemudian dijuluki "Sky Baby" oleh awak kabin langsung disambut paramedis yang bersiaga di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok, ibu dan bayinya diantar ke rumah sakit dalam keadaan sehat.

Jakarin, yang kini menjadi pahlawan bagi banyak orang, membagikan foto dirinya menggendong bayi tersebut di media sosialnya dengan penuh kebanggaan.

Dia mengaku bangga atas keberaniannya membantu penumpang tersebut melahirkan bayinya di udara.

Baca juga: Manajer QC Boeing yang Memprotes Standar Produksi Pesawat Ditemukan Tewas Tragis

"Dia akan bisa memberi tahu semua orang seumur hidupnya bahwa dia dilahirkan di udara," kata Jakarin tentang bayi laki-laki tersebut.

Berdasarkan penelitian International Society of Travel Medicine pada tahun 2020, terdapat 74 kelahiran dalam penerbangan komersial antara tahun 1929 dan 2018, dengan 71 di antaranya selamat. Artinya, terdapat satu kelahiran untuk setiap 26 juta penumpang.

Kisah inspiratif Jakarin ini telah menarik perhatian dan pujian banyak orang di media sosial. Banyak yang memuji keberanian dan dedikasinya dalam membantu penumpang tersebut.

"Wah, betapa beraninya dia. Luar biasa!" komentar seorang pengguna media sosial.

"Beruntung sekali wanita ini mempunyai pilot yang hebat," sahut yang lain.

"Pilot adalah pahlawan yang diutus Tuhan," komentar another pengguna.

"Aku berharap bayi laki-laki itu tumbuh menjadi baik dan berani seperti pahlawannya," imbuh yang lain.***