Helo Timor Leste

Kamu Kritik Tambah Viral, Air Seni di Mata Cewek Spanyol, Auto Bingung Gengs

Ugu - Ragam
Jumat, 15 Mar 2024 19:13
    Bagikan  
Uroterapi
Istimewa

Uroterapi - Uroterapi jangan langsung percaya

Helotimorleste- Jadi, ada cewek Spanyol yang bikin heboh netizen gara-gara dia bilang, "Tetesan air seni ke mata bisa sembuhin mata minus dan silinder, bro!" ???? ????????

Nah, ini namanya uroterapi, bro. Sebuah cara pengobatan ala kadarnya yang udah ada dari jaman dulu, dipopulerin sama seorang naturopath dari Inggris, John W. Armstrong.

Baca juga: Pilot Tinggalkan Kokpit dan Kopilot Saat Ketinggian 30 Ribu Feet, Namun Malah Dapat Pujian

Gengs yang pro sama terapi ini yakin banget kalo urin manusia itu bisa buat obat atau buat kecantikan, kayak dipake buat maskeran atau bahkan diminum. Wild banget, kan?

Tapi, nih ya, ada satu TikToker yang juga "asisten konselor metafisik" namanya Suama Fraile, yang keukeuh bilang kalo urin itu lebih mantap buat ngobatin mata daripada obat-obatan kimia yang biasa dokter resepkan.

Baca juga: Puasa Janji Gak Ngebacot, Eee Malah Lihat Bocah SD Pakai Motor Matik Parkir di Atap Rumah

Si mbak ini ngaku-ngaku dia tetesin air seni ke matanya tiap hari dan voila! Katanya sih, mata minus dan silindernya ilang.

Di video TikTok yang viral itu, Suama Fraile bilang, "Obat tetes urin itu lebih ngefek daripada obat biasa, soalnya obat biasa itu kan penuh bahan kimia yang bisa lebih banyak ngerugiin daripada ngebantu." Dia pengen nunjukkin kalo urin itu bisa jadi obat buat masalah penglihatan dengan cerita pengalamannya sendiri.

Baca juga: Geger Impor Kurma dari Israel, BPS Menjawab dengan Fakta dan Data

Dia bilang, "Gue bakal share pengalaman gue, tuang urin ke mata gue tiap pagi dan malem, dan itu menyembuhkan gue dari astigmatisme dan miopia. Ini natural, bro, lupakan aja obat-obatan, itu kan cuma bahan kimia, dan itu bisa ngaruh ke kesehatan lo."

Suama juga bilang kalo mau dapet efek dari terapi urin, lo harus tetesin urin itu ke mata lo tiap hari, pagi dan sore. Dia juga ngomong kalo dia pake "urin yang ditingkatkan" pas malem, yang mungkin maksudnya urin yang lebih pekat. Gila gila bener nih.

Kayak yang lo bisa bayangin, video itu dapet banyak banget kritik di internet, dan kebanyakan emang bener. Promosiin terapi urin dan ngusap-usap urin ke badan lo dengan harapan dapet manfaat itu satu hal, tapi nyuruh orang buat ngelakuinnya itu udah beda cerita. Gue bukan dokter, tapi ini keliatannya salah banget deh!

Ingat ya, bro and sis, jangan langsung percaya sama hal-hal yang belum tentu bener. Stay safe dan tetep kritis! ✌️

Saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung efek menguntungkan dari terapi urin terhadap kesehatan.***