Helo Timor Leste

Yang Sering Insomnia Masuk Sini Ada Sedikit Motivasi, Kalian Masih Beruntung

Ugu - Ragam
Selasa, 26 Mar 2024 04:50
    Bagikan  
Insomnia
Istimewa

Insomnia - Luu insomnia 11 tahun

Helotimorleste- Tran Thi Luu, wanita 36 tahun yang bekerja di sebuah prasekolah di kota Quảng Ngãi, Vietnam menjadi perbincangan di media sosial setelah dilaporkan bahwa dia tidak tidur selama lebih dari 11 tahun.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, wanita tersebut mengatakan bahwa insomnia yang dialaminya selama satu dekade dimulai dengan episode tangisan yang aneh.

Baca juga: Dokter Ini Menjadi Sangat Berbelas Kasih Setelah Meneliti 5000 Kasus Hidup Setelah Kematian

Air mata mulai mengalir dari matanya tanpa alasan yang jelas, dan bahkan mencoba untuk berbaring dan menutup matanya tidak dapat menghentikan tetesan air.

Tangisannya yang tak bisa dijelaskan akhirnya berhenti, begitu pula kemampuannya untuk tertidur. Berusaha sekuat tenaga, Luu tidak bisa ‘log out’ lagi. Matanya lelah, namun pikirannya terjaga sepenuhnya, sehingga selama 11 tahun terakhir ia hanya melakukan sedikit hal selain berbaring dengan mata tertutup untuk bersantai sementara suami dan anak-anaknya tertidur.

Baca juga: Keseringan Memakai Berujung Tuli, 3-60 Tips Sehat Menggunakan Headphone

“Kisah saya tidak tidur selama 11 tahun adalah benar adanya, tidak dibuat-buat atau dibumbui untuk ‘mendapatkan suka’ atau ‘mendapatkan penayangan’!” tegas Tran Thi Luu.

“Kalau dicermati, dampaknya bisa terlihat. Ada lingkaran hitam di sekitar mata saya dan kulit disekitarnya juga sangat gelap. Tapi sebelum itu, saya berkulit putih dan merah muda dan tidak ada cacat di wajah saya.” terang Luu meyakinkan

Suami Luu tetap menjadi pilar pendukung, mendorongnya untuk bersantai dan tidur setiap malam. “Dia memberi saya banyak keberanian,.Setiap malam dia menasihati saya untuk tenang, memejamkan mata dan tidur. Tapi saya tidak bisa melakukan itu." ujar Luu.

Baca juga: Cerai Setelah 26 Tahun Menikah, Istri Cerdas Ini Gugat Suami Atas 2 Haknya, Biar Adil


"Ketika dia sedang tidur, saya mulai bertanya-tanya mengapa saya tidak bisa tidur sama sekali, dan saya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit dan mencari tahu.” ujar Luu.

Wanita berusia 36 tahun tersebut dilaporkan pergi ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Quang Ngai untuk pemeriksaan, dan dokter di sana mendiagnosis dia menderita insomnia parah.

Dokter meresepkan obat untuknya, dan meskipun meminumnya membuat kakinya sakit hingga dia tidak bisa berjalan, dia sangat ingin tidur sehingga dia meminumnya. Namun, harga obatnya sangat mahal dan efek sampingnya terlalu parah, jadi dia berhenti meminumnya setelah beberapa bulan.


Tetangga sebelah Luu mengkonfirmasi kondisinya, mengatakan bahwa wanita tersebut pertama kali bercerita kepadanya tentang insomnianya 10 tahun yang lalu, dan dia terus membicarakannya sejak saat itu. Wanita itu mengakui bahwa ceritanya terdengar gila, tetapi karena sudah lama tinggal jauh dari Luu, dia yakin dia mengatakan yang sebenarnya.

Penderita insomnia asal Vietnam ini tetap bersikap positif terhadap kondisinya, namun ia mengatakan bahwa saat ini memiliki banyak masalah kesehatan, seperti nyeri tulang dan sakit perut sepanjang tahun, kondisi ini menurutnya mungkin terkait dengan tidak bisa tidur kronis yang ia alami. Ia tetap berharap suatu hari nanti ia bisa tidur seperti orang normal lagi.***