Helo Timor Leste

Gejala Penyakit Dismorfik Tubuh Adalah Sering Bercermin dan Selfi, Bukan Penyakit Kaleng-kaleng

Ugu - Ragam
Selasa, 2 Apr 2024 16:08
    Bagikan  
gejala dismorfik tubuh
Istimewa

gejala dismorfik tubuh - Ilustrasi gejala dismorfik tubuh

Helotimorleste- Mau Cerita, nih, tentang yang namanya Gangguan Dismorfik Tubuh, atau yang kita sering denger Body Dysmorphic Disorder (BDD). Jadi, ada penelitian yang bilang anak cewek, khususnya yang lagi remaja, mungkin lebih gampang kena gangguan BDD ini, yang bisa bikin hidup jadi ribet.

Jadi begini, menurut laporan dari Medical Daily, BDD itu kayak kondisi mental gitu, di mana orang yang kena penyakit mental ini, ngerasa ada yang kurang dari fisiknya, dan dia mikirin itu terus menerus, parahnya lagi, kadang-kadang orang di sekitarnya gak sadar loh.

Nah, dalam penelitian itu, BDD bisa bikin orang yang kena merasa negatif banget, sampe gangguin kualitas hidupnya. Parahnya, kadang orang yang sudah kena susah diobati, apalagi kalo kena sejak muda.

Baca juga: Susah BAB, Pencaharpun Gak Mempan, Kini Ada Solusi Kapsul Pintar, Kaya Gadget Geng, FDA

Cerita dari Profesor Psikolog dari Universitas College London, namanya Georgina Krebs, dia bilang kalo biasanya orang yang kena BDD ini suka mikir berlebihan tentang kekurangan tubuhnya, yang mungkin orang lain gak peduli.

Trus, gejala lainnya, biasanya orang yang kena suka sering banget liat cermin atau selfie, tapi malah sering panik kalo liat kekurangan di dirinya, atau merasa jijik sama tubuhnya sendiri. Terus ada lagi, merasa takut orang lain bakal ngehina atau ngeremehin penampilannya.

Baca juga: Keseringan Memakai Berujung Tuli, 3-60 Tips Sehat Menggunakan Headphone

Krebs juga bilang kalo orang yang kena BDD ini bisa sampe pengen operasi kosmetik terus-terusan buat benerin kekurangannya, atau malah mikir buat menyakiti dirinya sendiri.

Nah, penyebabnya sendiri masih misteri sih. Tapi katanya, ada beberapa faktor kayak genetika, otak, budaya, dan pengalaman buruk pas kecil, kayak pelecehan atau bullying, yang bisa nambahin risiko orang kena BDD.

Jadi, menurut Krebs, dokter harus rajin nanya langsung ke anak-anak tentang masalah penampilan mereka, soalnya mereka gak akan cerita sendiri kecuali ditanya.

Baca juga: Perlu Anda Pikirkan Tidur yang Tepat, Agar Kesehatan Anda Lebih Fresh

Lebih lanjut dari penelitiannya, Krebs analisis data dari lebih dari 7.600 anak dan remaja di Inggris. Hasilnya, BDD lebih sering ngerayain di anak cewek, daripada anak cowok.

Nah, yang bikin tambah serem lagi, katanya sekitar 70% anak yang kena BDD juga punya gangguan mental lain, kayak kecemasan atau depresi. Jadi, mungkin perlu juga skrining buat gangguan mental lain selain BDD.

Terus, sekitar setengah orang yang kena BDD bilang kalo mereka pernah coba menyakiti diri atau nyoba bunuh diri. Gila ya, bahaya banget.

“Keasyikan penampilan merupakan fenomena klinis yang signifikan, terkait dengan morbiditas substansial. Diperlukan untuk meningkatkan kesadaran akan BDD, meningkatkan praktik skrining, dan mengurangi hambatan terhadap pengobatan berbasis bukti" tulis para peneliti.***