Helo Timor Leste

Susah BAB, Pencaharpun Gak Mempan, Kini Ada Solusi Kapsul Pintar, Kaya Gadget Geng, FDA

Ugu - Ragam
Minggu, 31 Mar 2024 09:50
    Bagikan  
Kapsul pintar
Istimewa

Kapsul pintar - Kapsul pintar, bergetar otomatis memperlancar BAB

Helotimorleste- Geng, kita harus ngomongin topik yang biasanya nggak ada yang mau bahas: sembelit kronis, susah buang air besar (BAB) Iya, itu masalah serius di zaman kita. Entah karena faktor usia, gaya hidup termasuk makan atau mungkin gen yang nggak kooperatif, tapi asli sembelit mengganggu banyak orang dewasa di negara-negara maju akhir akhir ini.

Nah, biasanya dokter bilang, "Coba olahraga, makan serat!" Tapi beneran geng, anjuran tersebut buat sebagian orang, itu kayak ngelempar saran ke laut. Mereka yang punya sembelit idiopatik kronis, meskipun udah minum obat pencahar kuat, heemm tetep aja susah sembuh. Akhirnya, mereka harus rela menjalani prosedur medis yang nggak nyaman buat bersihin usus besar. Hadeh!

Baca juga: Singapura Perangi Diabetes dengan Pelabelan Nutri Grade Pada Kemasan Minuman

Tapi, ada kabar baik! Sekarang ada alternatif yang nggak pake obat-obatan, yaitu kapsul pintar yang bisa getar. Namanya **Vibrant**. Ini terapi pertama yang diciptain sama produsen peralatan medis **Vibrant Gastro**. Jadi, lo cukup telan kapsul ini lima malam per minggu, sebelum tidur.

Caranya gampang: aktifin dulu kapsulnya pake pod yang udah disediain. Terus, langsung telan. Kapsulnya udah diprogram buat bergetar selama dua jam. Setelah itu, lampu kontrol mati otomatis selama enam jam, terus nyala lagi beberapa jam berikutnya.

Baca juga: Contoh Menu 1500 Kalori Untuk Penderita Diabetes, dan Jika Anda Pergi ke Waralaba Internasional

Gimana sih kerjanya? Nah, kapsul ini merangsang sel saraf khusus di usus yang namanya **sel mekanosensori**. Jadi, dia bantu kaya tukang pijat gitu, memicu gerak peristaltik, kontraksi otot bergelombang, otomatis membantu mendorong makanan lewat usus. Intinya, dia ngambil keuntungan dari jam biologis tubuh kita.

Yang seru, kapsul Vibrant ini lewat di usus kita dengan lembut banget. Peserta uji coba medis fase tiga bilang mereka bisa merasain getaran kapsul, tapi nggak ada yang bilang itu bikin nggak nyaman, bahkan bisa tidur geng.

Baca juga: iPhone Digugat Jutaan Orang, Karena Harga Kemahalan dan Praktek Monopoli

Kapsul ini terbuat dari bahan kelas medis, sama kayak kapsul kamera yang dipake dokter ahli gastroenterologi. Jadi, ini bukan obat, tapi pengobatan buat sembelit idiopatik kronis.

Dalam uji coba medis kecil, sekitar 40% pasien yang minum kapsul getar ngalamin buang air besar tambahan (lebih banyak) dibanding yang nggak minum kapsul. Dan sekitar 23% orang yang pake Vibrant bisa dua kali buang air besar tambahan dibanding yang cuma 12% di kelompok kontrol.

Nah, kapsul getar ini udah disetujui sama FDA buat orang dewasa yang sembelit kronis dan nggak nemu bantuan dari obat pencahar setelah sebulan pemakaian.

Harganya sekitar $89 per bulan, jadi masih lebih mahal dari terapi tradisional. Tapi Vibrant Gastro berharap bisa bikin harganya lebih terjangkau dengan kerjasama sama perusahaan asuransi. Mantap, kan?

Semoga bermanfaat, bro! Kalau ada yang mau ditanyain, langsung aja. ???? ke pabriknya sono.***