Helo Timor Leste

Wancana Naturalisasi Gali Freitas untuk Timnas Indonesia, Tidak Didukung Rakyat Timor Leste

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Rabu, 23 Aug 2023 20:41
    Bagikan  
MONCER
instagram @psisofficial

MONCER - Presitasi Paulo Gali Freitas di PSIS Semarang kini semakin moncer, hingga memunculkan wacana naturalisasi dari kalangan netizen penggemar sepakbola Indonesia.

HELOTIMORLESTE.COM - Pemain asing PSIS Semarang asal Timor Leste kini menjadi perbincangan hanyat di kalangan netizen penggemar sepakbola nasional, Rabu (13/8/2023).

Bukan apa-apa, alasan ini lantaran penyerang debutan PSIS Semarang ini memiliki statistik yang moncer, hingga mengalahkan debutan pemain ASEAN lainnya.

Kini Gali Freitas menjadi pemain andalan, bahkan pemain terbaik di PSIS Semarang dengan kemampuan dribel dan tendangan kerasnya.

Mantan pemain Assalam FC Dili, Timor Leste ini dalam laga 9 kali bermain sudah mengoleksi 4 gol dan 3 assist.

Baca juga: Tidak Hanya Gali Freitas, FFTL Juga Tidak Panggil 4 Pemain Abroad, Siapa Mereka

Bahkan dipekan kesembilan melawan Persib Bandung Gali Freitas masih sempat mencetak gol melalui tendangan keras kaki kirinya.

Tentu saja itu merupakan pembuktian yang menakjubkan dari pria kelahiran Dili Timor Leste, yang tak lagi diragukan bagi skuat Panser Biru.

Atas torehan prestasi dan performa Paulo Gali Freitas itulah kemudian muncul wacana dari netizen untuk menaturalisasi Gali Freitas bergabung dengan Timnas Indonesia.

Baca juga: Konsistensi Permainan Gali Freitas Disetiap Pertandingan Dapat Pujian Pelatih Gilbert Agius

Akun instagram @hariaguspurwanto, kemudian melontarkan komentarnya:

"Luar biasaahh. Andai timor leste blm pisah bs dipilih STY nih????????," tulis @hariaguspurwanto.

Bahkan wacana naturalisasi pun kemudian juga muncul dari netizen lainnya, wacana ini muncul atas dorongan dari fans di Indonesia.

"Naturalisasi aja ini kan ada garis keturunan indonesia ini pasti ayahnya," @riyansyah.14.

Baca juga: CEO PSIS Semarang Ungkap Gali Freitas Banyak Ditawar Klub Thailand, Malaysia Hingga Filipina

Namun jika naturalisasi itu benar pria berusia 19 tahun ini bisa menjadi jawaban atas keluhan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Beberapa hari mengeluhkan tentang kekurangan lini depan timnas Indonesia yang tidak memiliki striker murni yang benar-benar tajam dan haus gol.

Namu bukan perkara gampang untuk menaturaliasi Paulo Gali Freitas, hingga bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

Baca juga: Tak Ingin Nangis Lagi, Gali Freitas Ajak Suporter PSIS Datang ke Stadion saat Hadapi Arema FC

Menanggapi wacana itu seorang teman Gali Freitas di Timor Leste mengungkapkan itu tidak mungkin ia setuju.

"Saya orang Timor-Leste saya tidak setuju, dan saya yakin seluruh masyarakat Timor-Leste pasti tidak setuju kalau di naturalisasi, maupun saya yakin Gally juga pasti tidak setuju seadanya Federasi Sebakbola Indonesia tawar dia," kata Jeime Peres yang juga seorang jurnalis di kota Dili, Timor Leste.

Sementara warga Timor Leste juga menanggapi wacana itu dengan mengatakan menyangkan jika Gali Freitas mau.

Baca juga: Gali Freitas Ajak Pemain Bola Timor Leste Berkarir di Indonesia

"Kalau Gali menerima tawaran itu, Timor Leste rugi besar, Timor Leste harus waspada itu," ujar penggemar sepakbola Timor Leste, Amos Matalata.

Menurut Jeime sejak bermain di Karketu Dili FC Gali Freitas sudah menunjukkan permainan yang bagus, dia selalu berjuang keras untuk menjadi pemain terbaik.

"Sejak kecil ketika masih di akademi sepakbola, hingga timnas Timor Leste performanya tidak berubah," ujar Jeime yang juga seorang jurnalis Timor Leste ini.

Baca juga: Pemain Timor Leste Paulo Gali Freitas Selalu Bersinar Dalam Setiap Petandingan Bersama PSIS Semarang

Jaime menerangkan satu dua tahun lalu sepakbola Timor Leste tidak berjalan dengan baik karena krisis politik dan Covid-19, tetapi performa Gali tetap saja bagus.

Sekarang Gali Freitas menjadi pemain favorit warga Timor Leste dan performa dia di Liga 1 Indonesia selalu menjadi bahan pembicaraan bagi masyarakat di Timor Leste. **