Helo Timor Leste

Piala Asia 2024: Keok Melawan Irak 1-2, Samurai Biru Berpotensi Ketemu Korea Selatan

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Jumat, 19 Jan 2024 21:46
    Bagikan  
Gol Jepang
AFP

Gol Jepang - Wataru Endo cetak gol di babak kedua injury time namun tak menolong Jepang

HELOINDONESIA.COM - Aymen Hussein mencetak dua gol dengan sundulan di babak pertama saat Irak mengejutkan favorit Piala Asia Jepang 2-1 pada hari Jumat untuk mencapai babak gugur atau 16 besar.

Ini adalah kekalahan pertama Jepang di babak grup Piala Asia dalam 26 pertandingan dan membuat mereka berpotensi bertemu dengan Korea Selatan di 16 besar di Qatar, asalkan mereka masih melaju.

Pertemuan ini jelas disayangkan karena kedua tim ini menjadi favorit di kejuaraan Piala Asia kali ini.

Irak - peringkat 63 di dunia dibandingkan dengan peringkat 17 Jepang - mengalami akhir yang tegang setelah Wataru Endo dari Liverpool mencetak gol balasan di menit ketiga dari delapan menit waktu tambahan.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sebut Kasus Demam Berdarah di Kota Dili pada Januari Mencapai 46 Kasus, Masyarakat Timor Leste Tetap Waspada

Namun mereka bertahan dan sekarang memiliki enam poin setelah mengalahkan Indonesia 3-1 dalam pertandingan pembukaan mereka.

Mereka akan bermain melawan Vietnam dalam pertandingan grup terakhir mereka pada hari Rabu.

Jepang, juara empat kali, memiliki tiga poin setelah mengalahkan Vietnam 4-2 dalam pertandingan pembuka mereka dan akan menghadapi Indonesia, juga pada hari Rabu.

Tim Hajjime Moriyasu memasuki pertandingan di Doha setelah menjalani rentetan sepuluh kemenangan di mana mereka mencetak 43 gol.

Namun mereka tidak memiliki jawaban untuk kekuatan dan agresi Irak, didukung oleh dukungan hampir 40.000 penonton.

Jepang mendapat penalti yang dibatalkan dengan benar oleh VAR di babak kedua.

Tim Moriyasu kembali tanpa winger cedera Brighton Kaoru Mitoma, yang tidak masuk dalam skuad pertandingan.

Takefusa Kubo, yang telah mencetak enam gol untuk Real Sociedad musim ini, memulai setelah turun dari bangku cadangan melawan Vietnam.

Hussein adalah salah satu dari lima perubahan dalam susunan pemain utama Irak, masuk ke dalam tim setelah mencetak gol sebagai pemain pengganti melawan Indonesia.

Baca juga: Kegiatan Vakum 90 Hari, Organisasi Beladiri Timor Leste Sedang Dievaluasi Seperti ini Hasilnya

Striker itu tidak membuang waktu untuk kembali mencetak gol, menyundul bola masuk setelah kiper Jepang Zion Suzuki gagal menangkap sebuah umpan silang.

Jepang juga memulai dengan lambat melawan Vietnam, kebobolan dua gol di babak pertama sebelum membalikkan keadaan sebelum jeda.

Namun mereka menemui kesulitan yang jauh lebih besar melawan Irak dan gagal menciptakan peluang yang jelas untuk sisa babak pertama.

Sebaliknya, justru Irak yang mencetak gol lagi di waktu tambahan, Hussein menahan Hiroki Ito untuk menyundul bola masuk dari jarak dekat.

Jepang memasukkan Takehiro Tomiyasu pada babak kedua untuk penampilan pertamanya dalam turnamen ini.

Jepang mendapat penalti pada menit ke-56 ketika Rebin Solaka dianggap telah menjatuhkan Takuma Asano.

Namun pemeriksaan VAR mengungkapkan bahwa tackling tersebut bersih, dan Ritsu Doan juga tidak beruntung ketika dia mengarahkan tendangan bebasnya melampaui mistar kurang dari 10 menit kemudian.

Pengganti Mohanad Ali hampir memberikan Irak gol ketiga di pertengahan babak kedua tetapi tembakannya melenceng dari tiang gawang.

Endo memberi Jepang harapan ketika dia mencetak gol balasan di waktu tambahan, tetapi sudah terlambat.**