Helo Timor Leste

Timnas U-23 Indonesia Mengukir Sejarah, Lolos Perempat Final Piala Asia 2024

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 22 Apr 2024 07:55
    Bagikan  
CETAK REKOR
pssi.org

CETAK REKOR - Pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah mencetak rekor masuk ke perempat final Piala Asia 2024, setelah mengalahkan Yordania 1-4, Minggu (21/4/2024) kemarin

HELOTIMORLESTE.COM - Kemenangan Indonesia melawan Yordania 1-4 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) merupakan sejah baru persepakbolaan Indonesia.

Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke perempat final dan merupakan sejarah baru Indonesia dalam kompetisi Piala Asia 2024.

Laga melawan Timnas U-23 Yordania merupakan laga ketiga atau partai terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024).

Baca juga: Simon Elissetche Pelatih Baru Timnas Timor Leste Mengantikan Park Soontae dari Korsel

Dengan demikian Timnas Indonesia berstatus sebagai runner up grup A dan akan melawan juara grup B antara Jepang atau Korea Selatan.

Rencanya kedua tim ini akan berduel pada Senin (22/4/2024) untuk memperebutkan status juara grup B.

Pada laga ini sebenarnya Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Namun sebaliknya Garuda Muda berhasil membuka keunggulan pada menit 23 melalui titik putih yang dieksekusi dengan baik oleh Marselino Ferdinan.

Baca juga: Berakhirnya Era Jogo Bonito di Timnas Brasil, Penyebabnya Liga Inggris

Penalti diberikan wasit Ammar Ashkanani asal Kuwait setelah salah satu pemain Yordania melakukan pelanggaran terhadap Rafael Struick. Skor 0-1 untuk Indonesia.

Unggul dua gol tidak membuat Indonesia mengendurkan serangan di babak kedua. Anak asuh Shin Tae-yong terus berupaya mendapatkan gol ketiga.

Upaya itu berbuah manis setelah Marselino Ferdinan mencatat brace di menit 70 sekaligus membawa Garuda Muda menjauh 0-3.

Setelah unggul jauh, Indonesia U-23 sedikit lengah setelah Justin Hubner malah memasukkan bola ke gawang sendiri sehingga skor berubah menjadi 1-3 pada menit 79.

Baca juga: Jurgen Klinsmann Dipecat Sebagai Pelatih Timnas Korea Selatan

Namun, tidak lama kemudian, atau tepatnya menit 86, skor kembali berubah 1-4 untuk Indonesia. Gol keempat Garuda Muda dicetak oleh Komang Teguh.

Setelah melewati waktu tambahan selama 10 menit, Rizky Ridho dan kawan-kawan berhasil mempertahankan skor 1-4. Dengan hasil ini, Indonesia lolos ke perempat final atau delapan besar Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up Grup A mendampingi tuan rumah Qatar.

Tim U-23 Indonesia mengumpulkan enam poin dari tiga laga.

Baca juga: Shin Tae-yong Ingin Ubah Gaya Timnas Menjadi Menyerang, Risiko Jadi Lumbung Gol

Pelatih Shin Tae Yong (STY) mengaku sangat senang, jika timnya bisa lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 ini.

"Pertama-tama saya sangat senang kami lolos ke perempat final. Saya mengucapkan rasa terima kasih yang besar kepada pemain. Hari ini Ketua umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga [Dito Ariotedjo], mereka hadir di sini, mendukung kami. Jadi saya senang kami melakukan pekerjaan yang bagus di lapangan," ujar Shin Tae Yong setelah pertandingan.

STY mengatakan jika ia ingin membagi kemenangan bukan dengan pemain saja tetap juga bersama seluruh fans di Indonesia.

Baca juga: Piala Dunia U-17: Pelatih Maroko Merendahkan Timnas U-17 Indonesia, Begini Katanya

"Khussnya kepada para pemain saya berterima kasih dengan permainan yang sangat baik hari ini," kata STY.

Kemenangan ini sekaligus memenhi target yang ditetapkan Ketua PSSI, Erick Thohir kepada dirinya hingga membawa Timnas U-23 ke babak berikutnya.

Meski demikian STY mengatakan jika dirinya baru mencapai 50 persen dari target yang ditatapkan.

Baca juga: Piala Dunia U-17: Pelatih Maroko Merendahkan Timnas U-17 Indonesia, Begini Katanya

Di perempat final Korea atau Jepang akan menjadi lawan yang dihadapi, STY belum tahu siapa yang akan dihadapi Timnas U-23 nanti.

Seperti kita ketahui laga kedua tim itu baru akan diketahui dalam laga besuk, sementara Timnas U-23 tinggal menanti siapa juara Grup B, itulah yang akan menjadi lawan Indonesia. **