Helo Timor Leste

Pep Guardiola dan Man City Pecahkan Rekor Gelar Liga Premier Empat Kali Berturut-turut.

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 20 May 2024 12:41
    Bagikan  
Pep Guardiola
(Foto: IG @pepteam)

Pep Guardiola - Pep Guardiola berambisi, musim ini Manchester City juara Liga Champions

HELOTIMORLESTE.COM - Dominasi Manchester City di sepak bola Inggris berlanjut saat mereka pecahkan rekor Gelar Liga Premier empat kali berturut-turut.

Kesuksesan terbaru City terjadi saat mereka mengalahkan West Ham 3-1 di hari terakhir dan menyaksikan pasukan Pep Guardiola mengungguli Arsenal dengan selisih hanya dua poin.

Upaya menakjubkan Phil Foden membuat City unggul satu menit setelah kick-off sebelum bintang Inggris itu melepaskan umpan silang dari sisi kiri gawang pada menit ke-18.

Tendangan overhead brilian yang dilakukan Mohammed Kudus di penghujung babak pertama memberikan harapan bagi West Ham dan Arsenal, namun keunggulan dua gol City dipulihkan oleh tendangan mendatar Rodri dari tepi kotak penalti dan gelar bersejarah City pun tersegel.

Arsenal melakukan apa yang harus mereka lakukan saat mengalahkan Everton 2-1 di Stadion Emirates tetapi itu tidak cukup karena mereka membutuhkan City untuk bermain imbang atau kalah dari West Ham.

"Bagi Arsenal yang mendorong kami ke level lain - sebelumnya ada Liverpool dan dua musim terakhir ada Arsenal. Yang ini luar biasa. Kami mendapat pesannya, kami tahu mereka akan berada di sana selama bertahun-tahun," kata Guardiola kepada Sky Sports.

Baca juga: Liverpool Jeblok, Jamie Carragher Sebut Arsenal dan Man City Punya Level Berbeda

“Manajer muda dengan talenta besar – mereka mengirimkan pesan kepada kami bahwa Anda harus berhati-hati dalam beberapa tahun ke depan.

Man City

“Ketika saya pindah ke sini, jika seseorang mengatakan saya akan memenangkan enam liga dalam tujuh musim, saya akan mengatakan Anda gila – tidak mungkin.

"Semua pemain untuk Manchester United, Liverpool, dan Chelsea, semua tim ini. Sekarang adalah periode kami. Kami adalah bagian dari itu."

Kemenangan bagi City juga melampaui rival mereka Manchester United , dengan separuh kota yang berwarna biru kini menjadi kekuatan yang lebih dominan di negara tersebut.

Manajer legendaris Sir Alex Ferguson membimbing United meraih tiga gelar Liga Premier berturut-turut dalam dua kesempatan selama masa jabatannya.

Namun kini City menjadi klub pertama yang meraih empat kemenangan berturut-turut sejak era Premier League dimulai pada tahun 1992, sebuah pencapaian yang luar biasa.

Ini juga merupakan mahkota Liga Premier kedelapan bagi klub, dengan Pep Guardiola bertanggung jawab atas enam di antaranya sejak ia bergabung dari Bayern Munich pada tahun 2016.

Baca juga: Manchester United Luncurkan Tawaran Gila untuk Striker Liga Premier dengan 72 gol dan 22 assis

Hanya Antonio Conte dan Jurgen Klopp di Chelsea dan Liverpool yang masing-masing telah mengalahkan pemain Spanyol itu dalam perebutan gelar selama delapan tahun.

Meskipun Guardiola tertinggal tujuh kemenangan di belakang Ferguson (13 kemenangan), ia masih menjadi manajer Liga Premier tersukses kedua yang pernah ada.

City juga tetap mengejar total keseluruhan rival mereka dan dengan pergeseran kekuatan dari merah ke biru di Manchester, hal ini bisa saja dikalahkan.

Kesuksesan musim ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi sang juara bertahan di tengah tekanan terus-menerus dari Arsenal dan Liverpool.

Pasukan Guardiola memenangkan enam pertandingan liga pembuka mereka sebelum kalah berturut-turut saat bertandang ke Wolves dan The Gunners.

Kekalahan ketiga mereka musim ini terjadi di Aston Villa pada bulan Desember dan sejak itu, mereka tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan, memenangkan 19 di antaranya.

Mereka memastikan mereka duduk di puncak klasemen pada hari terakhir dengan kemenangan tandang 2-0 di Tottenham pada Selasa malam.

City sekali lagi mengakhiri musim sebagai juara dan membuat sejarah dalam prosesnya.

Kesuksesan lebih lanjut masih bisa diraih di final Piala FA pada hari Sabtu melawan United karena City terus berkembang di bawah asuhan Guardiola.**