Helo Timor Leste

Euro 2024 Jerman: Belanda Atasi Perlawanan Polandia skor 2-1

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Minggu, 16 Jun 2024 22:04
    Bagikan  
Cody Gakpo
Getty

Cody Gakpo - Pencetak gol penyama Belanda atas Polandia Cody Gakpo

HELOTIMORLESTE.COM - Laga Polandia vs Belanda di Euro 2024 berjalan ketat. Babak pertama di Volkspark Stadium, Minggu (16/6) berakhir 1-1, setelah gol Adam Buksa dibalas Cody Gakpo.

Belanda langsung mengancam saat laga belum berjalan dua menit. Cody Gakpo mendapatkan bola di kiri dan melepaskan sepakan yang masih bisa ditepis Wojciech Szczesny.

Peluang dari Belanda pada menit kesembilan. Sodoran Jerdy Schouten disambar Tijjani Reijnders, namun bola masih tipis di kanan gawang.

Ancaman lain dari Belanda ke Polandia pada menit ke-14. Sepakan Xavi Simons dari sisi kanan melebar ke kiri gawang.

Polandia memimpin 1-0 pada menit ke-16. Dari sepak pojok, umpan lambung ditanduk Adam Buksa yang tak terkawal dengan baik oleh Denzel Dumfries.

Belanda melanjutkan tekanannya. Sepakan voli Virgil van Dijk menyambut umpan korner bisa dihalau oleh Wojciech Szczesny.

Satu peluang lain terbuang dari Belanda tak lama berselang. Bola terlepas dari kaki Simons dan disambar oleh Memphis Depay. Cuma melambung saja.

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Denmark Favorit Lawan Slovenia

Belanda menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Sepakan Gakpo dari depan kotak penalti membentur Bartosz Salomon dan mengecoh Szczesny.

Polandia menebar ancaman pada menit ke-32. Tembakan Jakub Kiwior ditahan kiper Belanda Bart Verbruggen.

Belanda sempat mendapatkan peluang jelang babak pertama berakhir. Sepakan Gakpo masih tipis ke atas mistar, lalu tembakan Depay bergulir ke kiri gawang.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tidak ada pemain Ajax di susunan pemain Belanda saat ini, dan itu sangat jarang terjadi.

Ini adalah pertama kalinya mereka memilih starting XI tanpa pemain Ajax di turnamen besar sejak 2008 dan yang ke-12 kalinya. Mereka hanya memiliki satu pemain Ajax – Steven Bergwijn – di skuad matchday,

Babak kedua Belanda terus menyrang Polandia. Untuk menambah daya gedor Koeman memasukkan dua peman sekaligus.

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Belanda Diprediksi Menang Selisih Dua Gol Atas Polandia

Datanglah Frimpong dan Weghorst menggantikan Depay dan Gakpo. Kedua pemain yang masuk disambut sorak sorai suporter Belanda.

Pergantian ini segera membuahkan hasil.

Ake kembali menjadi pusatnya saat ia memberikan umpan ke area penalti yang, melalui defleksi, mencapai Weghorst. Mantan striker Manchester United itu tidak memerlukan undangan kedua saat ia melepaskan tendangan kaki kiri melewati Szczesny untuk menjadikan skor 2-1.

Gol di menit 83 menjadi gol terakhir Polandia 1-2 Belanda.**