Helo Timor Leste

ByteDance Luncurkan Layanan Streaming Musik Baru di Brasil dan Indonesia

Satwika Rumeksa - Teknologi
Jumat, 7 Jul 2023 15:05
    Bagikan  
TikTok Musik
Istimewa

TikTok Musik - Indonesia dan Brasil dua negara pertama yang nikmati TikTok Music

HELOTIMORLESTE.COM - Perusahaan China ByteDance, yang memiliki perusahaan video pendek TikTok, pada hari Kamis mengatakan akan meluncurkan layanan streaming musik baru di Brasil dan Indonesia saat mencoba menjadi pemain di pasar tersebut.

Inisiatif ini merupakan upaya baru ByteDance, karena perusahaan dalam sebuah pernyataan mengatakan akan menghentikan layanan streaming musik yang ada, Resso, mulai 5 September di kedua negara.

Resso akan mempertahankan operasinya hanya di India, tambah perusahaan itu.

Laporan media di akhir tahun 2022 mengatakan ByteDance berencana memperluas layanan streaming musiknya ke lebih banyak negara, pasar yang saat ini dipimpin oleh perusahaan seperti Spotify.

TikTok Music akan memiliki tiga paket bulanan di Brasil dengan biaya antara 8,5 reais dan 26,9 reais (antara S$2,35 dan S$7,40), menurut data di situsnya, sedikit di bawah harga layanan yang ditawarkan Spotify.

Baca juga: Kesehatan Emha Ainun Nadjib Sudah Mulai Membaik, Sudah Bisa Diajak Berkomunikasi

TikTok Music memungkinkan pengguna menyinkronkan layanan ke akun TikTok mereka yang ada dan mendengarkan, mengunduh, dan berbagi lagu. Layanan tersebut mencakup katalog perusahaan rekaman besar, termasuk Universal Music Group, Warner Music Group, dan Sony Music.

TikTok Music memungkinkan Anda memainkan versi lengkap dari lagu-lagu viral TikTok, menemukan rekomendasi musik yang dipersonalisasi, mengakses lirik secara real time, membuat daftar putar kolaboratif dengan teman, mengimpor perpustakaan musik Anda, dan menemukan lagu melalui pencarian lirik.

Layanan ini juga menyertakan fitur mirip Shazam yang dapat mengidentifikasi musik yang sedang Anda dengarkan. Seperti Spotify Premium, TikTok Music memungkinkan pengguna mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline.

Layanan ini juga mencakup fitur sosial, seperti catatan TikTok bahwa pengguna dapat mengekspresikan diri melalui komentar dan terhubung dengan pecinta musik lainnya.

Baca juga: Jokowi Mendapat Pertanyaan Mengejutkan dari Kesia Murid SD di Papua

Ketika ditanya apakah TikTok berencana meluncurkan layanan streaming di Amerika Serikat, juru bicara perusahaan mengatakan TikTok tidak memiliki apa pun untuk dibagikan saat ini.

“Kami sangat senang dengan peluang untuk TikTok Music, untuk penggemar musik, artis, dan industri, tetapi kami tidak memiliki berita lagi untuk dibagikan tentang rencana masa depan,” kata juru bicara itu melalui email.

Layanan ini akan menggantikan layanan streaming ByteDance yang sudah ada, Resso, yang akan ditutup pada 5 September di Brasil dan Indonesia. Resso juga beroperasi di India, tetapi TikTok belum mengatakan kapan atau apakah TikTok Music akan diluncurkan di negara tersebut.**