Helo Timor Leste

Rakyat Timor Leste Bakal Lebih Sejahtera, Kata Asian Development Bank

Ugu - Ekonomi
Minggu, 21 Apr 2024 17:50
    Bagikan  
Pertumbuhan ekonomi
ADB

Pertumbuhan ekonomi - Prediksi pertumbuhan ekonomi Timor Leste

Helotimorleste- Prospek pertumbuhan ekonomi Timor-Leste memang menunjukkan perbaikan yang signifikan. Menurut laporan terbaru dari Asian Development Bank (ADB).

Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai **3,4% pada tahun 2024** dan meningkat menjadi **4,1% pada tahun 2025**⁴. Kenaikan ini didorong oleh kebijakan fiskal yang ekspansif, peningkatan investasi modal, serta konsumsi yang stabil.

Baca juga: Paru-paru Basah, Mitos dan Penyebab Timbulnya Cairan Menurut Ahli Paru

Pemulihan ekonomi Timor-Leste yang dimulai sejak tahun 2022 didukung oleh peningkatan permintaan domestik setelah periode tekanan ekonomi akibat faktor internal dan eksternal, termasuk pandemi COVID-19 dan bencana alam.

Investasi jangka panjang pada sumber daya manusia, infrastruktur penting, dan layanan dasar publik dianggap krusial untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan memajukan sektor swasta.

Baca juga: Bahkan Hercules Muda Dikalahkan oleh Perempuan Terbocil 9 Tahun Ini

Dengan inflasi yang diperkirakan melambat menjadi **3,5% pada tahun 2024** dan **2,9% pada tahun 2025**, Timor-Leste berada dalam posisi yang baik untuk meningkatkan investasi di sektor non-minyak bumi.

Hal ini penting untuk mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi. Namun, terdapat risiko yang dapat mempengaruhi prospek pertumbuhan, termasuk bencana alam, fluktuasi harga pangan dan energi, serta gangguan perdagangan dan rantai pasokan.

ADB, sebagai lembaga yang berkomitmen pada pembangunan Asia dan Pasifik, mendukung upaya Timor-Leste dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.***