Helo Timor Leste

Kabupaten PPU IKN Bakal Punya Sistem Pertanian Pintar Organik dari Korea Selatan

Ugu - Ekonomi
Sabtu, 6 Jul 2024 09:50
    Bagikan  
Smart Farming
Istimewa

Smart Farming - Akan di bangun smart farming organik di IKN

Helotimorleste- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjalin kerja sama dengan Korea Selatan di bidang pertanian, dengan fokus utama pada pengembangan pertanian organik.

Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun, mengungkapkan bahwa Korea Selatan tertarik untuk mengimpor hasil pertanian organik dari PPU.

Rencananya, kerja sama ini akan meliputi pembangunan infrastruktur pertanian dan penerapan teknologi pertanian cerdas (smart farming) untuk menghasilkan produk organik tanpa pupuk dan pestisida kimia.

Baca juga: Viral Anak Kecil Kaget Giginya Dicabut Oleh Burung, Gibran Juga, Pantas Gigi Nenek Tinggal Dua

Pembangunan Infrastruktur Pertanian

Salah satu fokus utama kerja sama ini adalah pembangunan infrastruktur pertanian di PPU. Korea Selatan menawarkan bantuan dana hibah melalui BUMN mereka untuk membangun sistem irigasi. Bantuan ini memungkinkan pembangunan pipanisasi irigasi sepanjang 10 kilometer.

Namun, realisasi pembangunan irigasi ini masih terkendala oleh ketersediaan sumber air. Sumber air yang memadai untuk mengairi lahan pertanian terletak di Sungai Talake, yang berada di perbatasan antara Kecamatan Babulu di PPU dan Kecamatan Long Kali di Kabupaten Paser.

Baca juga: Dahlan Iskan Dipanggil KPK, Terkait Kasus LNG

Koordinasi dengan Pihak Lain

Pemerintah Kabupaten PPU saat ini berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan pemerintah pusat untuk mendapatkan izin pemanfaatan air Sungai Talake. Diperkirakan, sungai ini mampu mengairi 14.000 hektare lahan pertanian di Kabupaten Paser dan 8.000 hektare di PPU.

Pemerintah pusat dan provinsi perlu memberikan persetujuan karena pemanfaatan Sungai Talake melibatkan dua kabupaten.

Manfaat Kerja Sama

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian organik di PPU, membuka peluang ekspor ke Korea Selatan, dan memodernisasi sektor pertanian melalui penerapan teknologi smart farming.

Selain itu, pembangunan infrastruktur irigasi juga akan membantu petani dalam mengakses air secara mudah dan meningkatkan hasil panen.

Kerja sama antara PPU dan Korea Selatan di bidang pertanian organik merupakan langkah positif untuk memajukan sektor pertanian di PPU. Dengan dukungan dari Korea Selatan, PPU diharapkan dapat menjadi salah satu sentra produksi pertanian organik terkemuka di Indonesia.***