Helo Timor Leste

Perpindahan Ibu Kota ke IKN Bisa Molor Sampai Setelah Oktober 2024

Ugu - Ekonomi
Senin, 8 Jul 2024 20:38
    Bagikan  
Jokowi
Setpress

Jokowi - Perpindahan ke IKN potensi molor dari Juli 2024

Helotimorleste- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tergantung pada progres pembangunan di lapangan.

Bahkan Jokowi mengatakan Keppres tersebut dapat diterbitkan selama masa pemerintahan saat ini atau pada masa pemerintahan berikutnya, dikutip YouTube Setpress, Senin 8 Juli 2024

"Keppres bisa sebelum, bisa setelah Oktober. Kita melihat situasi lapangan," kata Presiden usai melepas bantuan kemanusiaan Indonesia di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin.

Presiden menegaskan bahwa dia tidak ingin memaksakan keputusan jika kondisi belum siap. Sebelum menandatangani keppres, dia akan memantau perkembangan pembangunan IKN.

Dalam konteks ini, Presiden juga merespons rencana untuk berkantor di IKN pada Juli 2024. Jika ketersediaan air dan listrik di IKN sudah memadai, dia menyatakan kesiapannya untuk pindah ke sana.

"Airnya sudah siap belum, listriknya sudah siap belum, tempatnya sudah siap belum, kalau siap, pindah," ujar Presiden.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pernah mengungkapkan akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli 2024.

Selain masalah air dan listrik pembangunan bandara di IKN yang ditargetkan selesai pada Agustus mendatang, masih perlu pengecekan lebih lanjut dan memastikan izin operasional bandara tersebut hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan bahwa .***