Helo Timor Leste

Semua anggota BTS Memulai Wajib Militer, Membicarakan Reuni Grup Tahun 2025

Satwika Rumeksa - Hiburan
Senin, 11 Dec 2023 14:31
    Bagikan  
Fans BTS
Yonhap

Fans BTS - Penggemar BTS bergerombol di pintu gerbang kamp militer

HELOINDONESIA.COM - Empat anggota BTS — RM, V, Jimin, dan Jungkook — memulai tugas militer mereka minggu ini, bergabung dengan Jin, J-hope, dan Suga yang sudah menyelesaikan wajib militer mereka.

Perkembangan ini menandai berakhirnya perdebatan lama mengenai kemungkinan pengecualian wajib militer untuk BTS dan membuka jalan bagi reuni grup yang diantisipasi pada tahun 2025.

Pada hari Senin, RM dan V memulai tugas militer mereka di Pusat Pelatihan Angkatan Darat Republik Korea di Nonsan, Provinsi Chungcheong Selatan, menjalani pelatihan dasar militer sebelum memasuki dinas aktif di Angkatan Darat.

Di tengah hujan rintik-rintik, lima member BTS lainnya berkumpul di camp untuk menghadiri upacara wajib militer RM dan V. Ketiga member yang sudah menjalani wajib militer beristirahat untuk hadir, sedangkan Jimin dan Jungkook yang berada dijadwalkan untuk mendaftar pada hari berikutnya, juga bergabung dengan grup untuk kesempatan ini.

Baca juga: Pep Guardiola: Haaland Tidak Alami Cedera Patah Kaki

RM merefleksikan dekade terakhirnya bersama grup tersebut, mengungkapkan kepuasan dan rasa terima kasihnya di platform komunitas penggemar Weverse, Minggu, sehari sebelum pendaftarannya.

“Saya sangat senang hidup sebagai anggota BTS selama 10 tahun terakhir,” tulisnya, seraya berharap bisa mendapatkan pelajaran dan inspirasi dari pengalaman tersebut.

V juga menyampaikan antisipasinya melalui Weverse, dengan mengatakan, "Meskipun orang-orang yang akan menjalani wajib militer bersamaku mungkin lebih muda dariku, aku rasa aku akan dapat mempelajari hal-hal baru."

Dengan masuknya Jimin dan Jungkook pada hari Selasa, seluruh grup menyelesaikan transisinya ke wajib militer.

Keempat anggota tersebut diperkirakan akan selesai pada Juni 2025.

Jin, anggota tertua grup, memulai wajib militernya pada bulan Desember lalu, diikuti oleh J-hope pada bulan April tahun ini. Sejak September, Suga juga menjabat sebagai pekerja layanan sosial.

Baca juga: Di Indonesia Elit Politik Sibuk Bangun Dinasti, di China 5 Kaisar Malah Dibunuh Anak Sendiri

Perkiraan tanggal selesainya adalah pada bulan Juni 2024 untuk Jin, Oktober 2024 untuk J-hope, dan Juni 2025 untuk Suga.

BigHit Music, agensi yang mengelola BTS dan para anggotanya, telah mengumumkan rencana grup tersebut untuk melanjutkan aktivitas penuh sebagai septet pada tahun 2025, setelah semua anggota dibebastugaskan.

Dengan semua anggota menjalani wajib militer, kontroversi seputar pengecualian wajib militer BTS telah berakhir.

Kontroversi ini muncul pada tahun 2018 ketika grup ini memperoleh ketenaran internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai artis K-pop.

Kekhawatiran muncul mengenai dampak potensial yang terkait dengan anggota BTS yang menjalani wajib militer, yang wajib bagi semua pria berbadan sehat di Korea setidaknya selama 18 bulan.

Jeda yang diakibatkan dari wajib militer mereka menimbulkan pertanyaan tentang potensi kerugian baik di bidang ekonomi maupun budaya dan memicu perdebatan sengit mengenai apakah anggota BTS harus menerima pengecualian khusus.

Pengecualian wajib militer di Korea biasanya diberikan kepada individu di bidang seni dan olahraga yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam "meningkatkan prestise bangsa" secara internasional, sehingga memungkinkan mereka untuk melanjutkan aktivitas mereka tanpa jeda.

Bagi para atlet, hal ini berarti meraih setidaknya satu medali perunggu Olimpiade atau satu medali emas Asian Games. Dalam hal seniman, persyaratannya adalah untuk mendapatkan setidaknya tempat kedua di salah satu dari 42 kompetisi seni rupa yang ditentukan, sebagaimana ditentukan oleh Administrasi Tenaga Kerja Militer.

Son Heung-min, peraih medali emas Asian Games 2018, dan Cho Seong-jin, pemenang Kompetisi Piano Chopin Internasional, diberikan pengecualian.

Meskipun pencapaian dalam budaya pop umumnya tidak termasuk dalam pengecualian karena sifatnya yang komersial, anggota BTS harus mendapat pertimbangan khusus.

Baca juga: Kuli Angkut Cantik Ini Menolak Hidup Mewah, Tinggalkan Calon Suami Kaya Demi Cita-Citanya

Para pendukungnya berpendapat bahwa pengaruh grup ini jauh melampaui kesuksesan komersial, dan berpendapat bahwa BTS telah "meningkatkan prestise nasional" jauh lebih banyak daripada artis atau atlet lainnya.

Khususnya, BTS mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menduduki puncak tangga lagu Billboard 200 pada tahun 2018.

Mereka juga menjadi artis K-pop perdana yang memimpin tangga lagu single utama, Hot 100, pada bulan September 2020.

Prestasi grup ini semakin kokoh ketika itu memenangkan penghargaan Artis Tahun Ini di American Music Awards (AMA), salah satu dari tiga penghargaan musik teratas di AS, pada bulan November tahun berikutnya.

Namun, survei yang dilakukan oleh Media Real Research Korea menemukan beragam pendapat mengenai apakah anggota BTS harus memenuhi tugas militer mereka.

Dari 5.039 orang dewasa yang disurvei, 36 persen berpendapat bahwa pemberian pengecualian tidak adil, sementara 34,6 persen menganggapnya sebagai bentuk pengakuan nasional bagi mereka yang telah meningkatkan pengakuan global terhadap negara mereka.

Terlepas dari beragam opini publik, para anggota BTS secara konsisten menyatakan kesediaan mereka untuk memenuhi kewajiban militer mereka sebagai warga negara Korea.

Baca juga: Persik Kediri Putus Rekor 14 Kali Menang Berturut-turut, Maung Memang Tak Layak Menang

Jin pernah berkata di acara pers, "Sebagai pria Korea yang berbadan sehat, menurutku wajib militer adalah tanggung jawab yang wajar. Jika negara membutuhkannya, aku akan meresponsnya kapan saja. Aku sering mendiskusikan hal ini dengan para anggota, dan aku berkomitmen untuk meresponsnya." untuk semua persyaratan dinas militer."**