Helo Timor Leste

Menteri China yang Hilang Selingkuh dengan Presenter, Gunakan Ibu Pengganti di AS

Satwika Rumeksa - Internasional
Kamis, 28 Sep 2023 12:51
    Bagikan  
Menteri China
Thomas Peter/REUTERS

Menteri China - Menteri Qin Gang

HELOTIMORLESTE.COM - Menteri luar negeri Tiongkok yang digulingkan telah melahirkan seorang anak dari selingkuhannya yang seorang presenter televisi dengan menggunakan ibu pengganti di Amerika Serikat, menurut sebuah laporan.

Qin Gang, 57 tahun, diberhentikan dari jabatan penting tersebut tanpa penjelasan pada bulan Juli, satu bulan setelah ia menghilang dari pandangan publik dan baru tujuh bulan menjabat.

Qin dilaporkan berselingkuh dengan presenter TV Fu Xiaotian, 40, yang tahun lalu memiliki seorang anak melalui ibu pengganti di Amerika Serikat, kata beberapa sumber kepada Financial Times.

Fu yang berpendidikan Cambridge juga menghilang dari kehidupan publik tahun ini. Dia berhenti memposting pembaruan di media sosial pada bulan April, tidak menanggapi pesan sejak Juni dan teleponnya telah diputus, kata orang dalam`.

Presenter

Baca juga: DXN Amankan Kesepakatan Stasiun Pendaratan Kabel Timor Leste Senilai $ 2,1 Juta

Pihak berwenang di Beijing diketahui sedang menyelidiki hubungan antara keduanya.
Meskipun anak-anak diplomat asing yang lahir di AS tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan di bawah Amandemen ke-14, hal ini mungkin tidak berlaku bagi mereka yang lahir dengan menggunakan ibu pengganti dari AS.

Hal ini dapat menjadi sangat memalukan bagi Beijing jika anak dari mantan menteri luar negeri Tiongkok adalah warga negara dari salah satu saingan terbesar negara tersebut.
Presiden Xi Jinping percaya bahwa kehidupan pribadi para staf seniornya "merupakan cerminan penting dari kinerja para pejabat senior".

Para pejabat senior Tiongkok diberitahu bahwa Qin melakukan perselingkuhan ketika ditempatkan di Washington, Wall Street Journal melaporkan pada awal bulan ini.
Mereka diberitahu bahwa alasan pemecatannya adalah "masalah gaya hidup" dan bahwa ia telah terlibat dalam perselingkuhan yang menyebabkan kelahiran seorang anak di AS.