Helo Timor Leste

Putra Mahkota Pangeran Salman Bertemu Presiden Timor Leste di Sela-sela KTT GCC-ASEAN

Satwika Rumeksa - Internasional
Sabtu, 21 Oct 2023 12:20
    Bagikan  
PM Saudi
SPA

PM Saudi - PM Saudi Pangeran bin Salman bersama Ramos Horta

HELOTIMORLESTE.COM - HRH Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, Putra Mahkota dan Perdana Menteri, hari ini bertemu di Riyadh dengan Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) GCC-ASEAN antara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas aspek-aspek kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri Energi, Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz; Menteri Negara dan Anggota Kabinet, Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd bin Abdulaziz; Menteri Olahraga, Pangeran Abdulaziz bin Turki bin Faisal bin Abdulaziz; Menteri Dalam Negeri, Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif bin Abdulaziz; Menteri Garda Nasional, Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdulaziz; Menteri Luar Negeri, Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah, dan delegasi resmi yang mendampingi Presiden Timor Leste.

Para pemimpin dari Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengadakan pertemuan di ibukota Arab Saudi hari ini, yang menandai pertemuan pertama yang pernah ada.

Pertemuan ini dihadiri oleh para pemimpin ASEAN, yang menandakan sebuah langkah signifikan dalam membina kerja sama dan pemahaman antara kedua kawasan.

Sebelumnya, menurut Saudi Press Agency, negara-negara anggota GCC dan ASEAN memiliki kepentingan yang sama, terutama posisi geografis yang strategis, kemajuan ekonomi, kemitraan investasi internasional, pengembangan budaya, dan upaya bersama untuk mencapai perdamaian dan stabilitas global. Pertemuan bersejarah ini menggarisbawahi semakin pentingnya kolaborasi dan dialog di dunia yang semakin saling terhubung.

Akar kolaborasi antara GCC dan ASEAN dapat ditelusuri hingga Maret 1986 ketika Dewan Menteri GCC, pada sesi kedelapan belas, menyetujui kontak awal dengan ASEAN. Setelah itu, Dewan tersebut mendukung untuk terlibat dalam dialog ekonomi dan menjajaki berbagai cara untuk meningkatkan kerja sama antar kawasan.

Pada hari Kamis, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengadakan pembicaraan resmi dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, yang tiba di Arab Saudi pada hari Rabu. Selain itu, Perdana Menteri Pham Minh Chinh dari Vietnam, Presiden José Ramos-Horta dari Timor Leste, dan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Selain itu, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, beserta delegasi yang menyertainya, juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.**