Helo Timor Leste

Presiden Ramos Horta akan Mengunjungi Filipina 10 November 2023

Satwika Rumeksa - Internasional
Minggu, 5 Nov 2023 15:34
    Bagikan  
RAMOS HORTA
jose ramos horta/facebook

RAMOS HORTA - Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta

HELOTIMORLESTE.COM - Presiden Timor Leste José Ramos Horta akan tiba di Filipina untuk melakukan kunjungan kenegaraan pada tanggal 10 November hingga Jumat untuk lebih memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara Asia Tenggara tersebut, Malacañang mengatakan hari Minggu.

Menurut Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO), kunjungan Ramos Horta di Filipina akan menyentuh berbagai bidang kerjasama antara Filipina dan Timor Leste, termasuk kerjasama teknis, politik, pendidikan, dan ekonomi.

Presiden Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr. sebelumnya telah menegaskan kembali dukungan Filipina untuk keanggotaan penuh Timor-Leste di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Timor Leste telah lama menginginkan keanggotaan ASEAN, tetapi para anggota blok ini, yang memutuskan dengan konsensus, gagal selama bertahun-tahun untuk mencapai kesepakatan tentang apakah mereka dapat mengakomodasi permintaan tersebut atau tidak.

Baca juga: Ternyata Beda, dalam Konflik Palestina Israel, Rabi Yahudi Ini Melawan Gerakan Zionisme dan Pendudukan

Para pejabat Departemen Luar Negeri (DFA), Departemen Perdagangan dan Industri (DTI), Departemen Kehakiman (DOJ), Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (DOST), dan Departemen Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan (DSWD) akan hadir dalam kunjungan Ramos Horta.**