Helo Timor Leste

Wakil PM Timor Leste Tiba di Malaysia Kunjungan Kerja Empat Hari

Satwika Rumeksa - Internasional
Senin, 4 Dec 2023 15:45
    Bagikan  
Wakil PM Timor Leste
Bernama

Wakil PM Timor Leste - Fransisko Kalbuadi Lay wakil PM Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Wakil Perdana Menteri Timor-Leste Francisco Kalbuadi Lay telah tiba di Malaysia untuk kunjungan kerja selama empat hari.

Dia tiba bersama delegasinya di Terminal 1 Bandara Internasional Kuala Lumpur pada pukul 20.55 pada hari Minggu (3 Desember) dengan penerbangan komersial dan disambut oleh kepala protokol Kementerian Luar Negeri Datuk Mohd Aini Atan.

Kunjungan Kalbuadi Lay ke Malaysia diharapkan dapat semakin mempererat dan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara serta menunjukkan dukungan Malaysia terhadap keanggotaan penuh Timor Leste di Asean.

Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah telah menyetujui audiensi Kalbuadi Lay di Istana Negara pada 5 Desember, hari kedua kunjungannya.

Baca juga: Banyaknya Sengketa Tanah karena Kinerja BPN Rendah, Butuh 160 Tahun, Gilaaa Bener

Pada Senin (4 Desember), Kalbuadi Lay akan mengadakan pertemuan empat mata dengan Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Fadillah Yusof, yang juga menjabat Menteri Perkebunan dan Komoditas, untuk membahas hubungan Malaysia dan Timor-Leste serta isu-isu internasional yang menjadi perhatian bersama.

Kalbuadi Lay, yang juga Menteri Pariwisata dan Lingkungan Hidup Ttimor Leste, kemudian akan bertemu dengan mitranya dari Malaysia, Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Datuk Seri Tiong King Sing untuk membahas potensi kolaborasi di sektor pariwisata.

Perdagangan bilateral Perdagangan bilateral antara Malaysia dan Timor-Leste mencapai RM384.48 juta (US$90.2 juta) pada tahun 2022, meningkat 93.3% dibandingkan tahun 2021, senilai RM194.09 juta (US$46.6 juta).**