Helo Timor Leste

KPU Belum Umumkan Pemenang Pilpres Indonesia, Presiden Horta Beri Ucapan Selamat Prabowo-Gibran

Dodo Hawe - Internasional
Senin, 19 Feb 2024 19:49
    Bagikan  
UCAPAN PRESIDEN
jose ramos horta/facebook

UCAPAN PRESIDEN - Foto Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta.

HELOTIMORLESTE.COM - Meski belum ada keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Presiden Timor Leste, José Ramos Horta mengucapkan selamat kepada pasangan Capres Prabowo-Gibran, Senin (19/2/2024).

Presiden Horta mengucapkan selamat atas dasar penghitungan suara yang perolehan Prabowo-Gibran mayoritas 58,46% atau setara dengan 55.693.236 suara.

"Hari ini saya berbicara melalui telepon dengan Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, karena ia memenangkan pemilu putaran pertama," kata Presiden Horta kepada wartawan di Istana Kepresidenan Dili.

Dalam perbincangan tersebut, Calon Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, mengungkapkan kebahagiaannya dan mengundang Presiden Horta untuk berkunjung ke Indonesia.

"Kami berbicara tentang bagaimana memperkuat hubungan baik antara Timor-Leste dan Indonesia," ujarnya seperti dilaporkan kantor berita Tatoli, Senin (19/2/2024)

Presiden juga mengatakan, Prabowo Subianto adalah orang yang sangat mengenal Timor-Leste dan beliau yakin hubungan kedua negara akan semakin erat.

"Presiden terpilih juga mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmão dan berjanji untuk memperkuat hubungan kedua negara di masa depan," tambahnya.

Baca juga: Tom Lembong Hatete Posibilidade ba Asaltu Daruak iha Eleisaun Prezidensiál Indonezia Mak Luas Tebes

Prabowo Subianto dianggap memenangkan pemilihan Presiden Indonesia, menggantikan Presiden Joko Widodo pada Pemilu 14 Februari 2024.

Hal ini di dasarkan hasil sementara yang diakses Badan TATOLI di portal Komisi Pemilihan Umum (KPU) https://pemilu2024.kpu.go.id/ pada Senin (19/02) pukul 15.00 WIB, telah terjadi penghitungan suara.

Sementara data suara tingkat nasional telah mencapai 71% dari sebanyak 823.236 TPS.

Baca juga: Jokowi Ungkap Bahas Politik Dengan Surya Paloh, Tidak Penting Siapa yang Memulai

Bahkan unggahan itu juga disiarkan di laman akun facebook Jose Ramos-Horta, bahkan Presiden Horta mengundang Prabowo untuk mengunjungi Timor-Leste secepat mungkin, bahkan sebelum dilantik secara resmi sebagai presiden.

"Sebaliknya, Prabowo juga mengundang Presiden Ramos-Horta untuk berkunjung ke Indonesia," tulis komentar itu.

Diungkapkan dalam tulisan berbahasa Indonesia, bahwa Timor Leste dan Indonesia menikmati hubungan yang sangat baik dan aktif terlibat dalam kerjasama yang luas.

Baca juga: Jokowi Ungkap Bahas Politik Dengan Surya Paloh, Tidak Penting Siapa yang Memulai

Indonesia telah menjadi pendukung terdepan keanggotaan Timor Leste di ASEAN dan telah memberikan sejumlah besar beasiswa dan program peningkatan kapasitas bagi pemuda dan mahasiswa TL, serta PNS, diplomat, polisi dan personil militer.

Indonesia tetap menjadi mitra dagang Timor Leste yang paling penting dan Timor Liste adalah merupakan urutan nomor empat dalam mengunjungi Indonesia. **