Helo Timor Leste

Kamboja dan Timor Leste Menandatangani MoU tentang Pendidikan Tinggi

Satwika Rumeksa - Internasional
Kamis, 11 Apr 2024 10:19
    Bagikan  
Mou Perguruan Tinggi
Tom Vibol/Khmer Times

Mou Perguruan Tinggi - Penandatanganan MoU antara Menpora Kamboja Hang Chuon Naron dan Menteri Pendidikan Tinggi Timor Leste Jose Honorio da Costa (kiri)

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Pendidikan Kamboja dan Timor-Leste telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai pendidikan tinggi untuk lebih mempromosikan pendidikan ilmu pengetahuan dan budaya antara kedua negara.

MoU tersebut, sesuai dengan tahap pertama Strategi Pentagon, ditandatangani antara Menteri Pendidikan Hang Chuon Naron dan Menteri Pendidikan Timo -Leste Jose Honorio da Costa Pereira Jeronimo di Phnom Penh pada hari Selasa.

Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga sedang melaksanakan reformasi pendidikan yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengajaran di semua tingkatan, menggabungkan keterampilan abad ke-21, kemajuan teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI) dan robotika serta perubahan industri untuk memenuhi tantangan tersebut. kebutuhan pasar tenaga kerja di masa depan.

Naron dalam acara penandatanganan tersebut menyampaikan bahwa MoU tersebut merupakan bukti komitmen untuk lebih memperkuat kerja sama kedua negara dalam kemitraan untuk memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya yang tumbuh melalui peningkatan kerja sama pertukaran pengalaman dan mobilitas siswa. , guru, profesor, peneliti, penerbitan, studi penelitian di bidang pendidikan dan saling pengakuan gelar.

Ia mengatakan, program pertukaran beasiswa bilateral serta penelitian bersama di bidang pendidikan tinggi bertujuan untuk mendukung peningkatan kapasitas dan pengembangan sumber daya manusia kedua negara.

Baca juga: Gempar, Bebas dari Cuci Darah Berkat Ginjal Babi Terobosan Medis dari RS Massachusetts, USA

Sementara itu, Menteri Pendidikan Tinggi, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Timor-Leste menyatakan kegembiraannya atas penandatanganan MoU tersebut dan mengatakan bahwa ini merupakan langkah baru dalam kemitraan pendidikan antara kedua negara.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah Kamboja yang telah mendukung Timor-Leste menjadi anggota ASEAN dan memberikan bantuan medis selama krisis COVID-19.

Juru Bicara Kementerian Pendidikan Khuon Vichheka mengatakan penandatanganan MoU antara Kementerian kedua negara bertujuan untuk mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan ilmu pengetahuan, dan kegiatan ini akan memperluas pertukaran informasi dan komunikasi, mempublikasikan fitur-fitur ilmiah di perguruan tinggi.

Ia mengatakan bidang utama lainnya adalah program pertukaran antara profesor, mahasiswa dan peneliti di tingkat perguruan tinggi, serta saling mendukung teknis dan memperkuat kapasitas manajemen institusi pendidikan tinggi. Selain itu, terdapat saling pengakuan terhadap gelar yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi kedua negara.

“MoU ini juga mencakup pengembangan profesional staf di pendidikan tinggi dan pemberian beasiswa kepada mahasiswa kedua negara dan penelitian internasional bersama,” katanya, seraya menambahkan bahwa hal ini juga meningkatkan kualitas pendidikan dan komunikasi di tingkat perguruan tinggi.

“Kedepannya tim teknis kedua negara dapat bertemu untuk membahas secara detail rencana implementasi lebih lanjut di tingkat tersier,” ujarnya.**