Helo Timor Leste

Gempar, Bebas dari Cuci Darah Berkat Ginjal Babi Terobosan Medis dari RS Massachusetts, USA

Ugu - Ragam
Kamis, 11 Apr 2024 05:59
    Bagikan  
Cangkok ginjal babi
Stat

Cangkok ginjal babi - Transplantssi ginjal babi sukses

Helotimorleste- Richard Slayman, 62 tahun seorang pria dari Weymouth, Massachusetts, telah menjadi orang pertama di dunia yang menerima transplantasi ginjal babi yang berhasil. Transplantasi ini dilakukan pada tanggal 16 Maret 2024 di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Slayman sebelumnya telah menjalani dialisis (cuci darah) selama tujuh tahun sebelum menerima transplantasi ginjal pertamanya dari donor yang telah meninggal pada tahun 2018. Namun, organ tersebut gagal setelah lima tahun, dan dia kembali menjalani dialisis. Dia hampir tidak memiliki pilihan lain karena hilangnya akses vaskular untuk dialisis.

Baca juga: Meninggalnya Babe Cabita Diduga Anemia Aplastik, Anda Bisa Mendeteksinya dan Gratis dengan BPJS

Ginjal babi yang ditransplantasikan ke Slayman telah dimodifikasi secara genetik untuk membuatnya lebih kompatibel dengan tubuh manusia. Operasi berlangsung selama empat jam dan ginjal babi berfungsi dengan baik, memproduksi urine, membuang limbah dari darah, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Slayman diizinkan pulang dari rumah sakit setelah mengalami episode penolakan organ asing yang menegangkan, dan meninggalkan rumah sakit minggu lalu, kata seorang dokter Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Namun dalam beberapa hari pertama setelah kembali ke rumah di Weymouth, dia merasa sangat senang karena tidak ada kerusakan lebih lanjut.

Baca juga: Pria Meninggal Akibat Konsumsi Vitamin D Berlebihan, Hiperkalsemia

undefined

Dia mengatakan bahwa momen ini adalah tonggak sejarah medis dan dia berharap ini akan membuka jalan bagi lebih banyak pasien yang membutuhkan transplantasi organ.

Slayman juga mengucapkan terima kasih kepada para dokter, ahli bedah, dan perawat yang telah merawatnya dan mengatakan bahwa pulang ke rumah adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidupnya.

Keberhasilan transplantasi ginjal babi ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam bidang medis dan dapat memberikan harapan baru bagi ribuan pasien yang menunggu transplantasi organ.

Ginjal babi yang ditransplantasikan adalah produk eGenesis, perusahaan bioteknologi yang membiakkan dan memelihara babi yang telah diedit gennya untuk ditransplantasikan, dan telah mengembangkan ginjal hasil rekayasa genetikanya ke dalam lingkungan klinis.

Ginjal donor eGenesis (EGEN-2784) yang digunakan untuk prosedur ini adalah kandidat utama perusahaan untuk transplantasi ginjal.***