Helo Timor Leste

PM Xanana Luncurkan Podcast The Citizen’s Connection dan Meninjau Rencana Lokasi Kedutaan Timor Leste di Inggris

Dodo Hawe - Internasional
Selasa, 16 Apr 2024 09:00
    Bagikan  
WARGA TL
Xanana ba Ema Hotu/facebook

WARGA TL - PM Xanana Gusmao bersama warga Timor Leste di London Inggris

HELOTIMORLESTE.COM - PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmão, beberapa hari ini ini sedang melakukan kunjungan di Inggris khususnya di Britania Raya (UK), Minggu (14/4/2024).

Xanana Gusmao serankaian kegiatan selama di UK salah satunya meluncurkan program podcast THE CITIZEN’S CONNECTION.

Selain itu PM Xanana juga melakukan observasi tempat pembangunan Kedubes TL di masa depan di UK, serta mengadakan pertemuan dengan WNTL di sana.

Seperti kita ketahui podcast The Citizen’s Connection diluncurkan Xanana pada 12 April 2024 bertujuan memfasilitasi informasi bagi para WNTL yang ada di UK.

Baca juga: PM Timor Leste Xanana Gusmao Beri Ucapan Selamat Prabowo Sebagai Presiden Terpilih Pemilu Presiden 2024

Dilaporkan kantor berita Tatoli, Selasa (16/4/2024), selama di UK PM Xanana didampingi Duta Besar Timor-Leste untuk UK, João Paulo.

"Pemerintah tahu bahwa, Dubes TL di UK memiliki inisiatif yang baik. Dengan program ini, ia ingin agar kalian bisa bersama dalam satu pemikiran. Kalian jauh dari tanah kelahiran, tapi tidak pernah lupa tanah kelahairan kalian," kata Xanana dalam wawancara di podcast The Citizen’s Connection ini.

Dengan ada podcast The Citizen’s Connection ini, diharapkan WNTL di UK bisa berkomunikasi dengan keluarga dan sanak saudara di Timor-Leste.

Sementara peluncuran podcast The Citizen’s Connection sendiri dilaksanakan Hotel Sanderson London, UK.

Baca juga: Siapkan Berlatih Satu Bulan, Sousa United Siap Hadapi Kompetisi Xanana Cup 2024 Timor Leste

The Citizen’s Connection ini akan menjadi bagian dari program Kedubes TL ini untuk menjalankan misi diplomatik guna melayani para WNTL di UK.

Selain itu, podcast tersebut akan menghadirkan para mitra, perwakilan rakyat, politikus untuk membahas tentang kerjasama, sejarah dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, PM Xanana juga meminta pada WNTL di UK bekerja dengan penuh disiplin dan professional, agar bisa memberilan kontribusi pada ekonomi keluarga dan pembangunan Timor-Leste.

"Bagi seluruh WNTL yang mencari kesempatan untuk memperbaiki hidup di UK. Keluarga kalian tahu bahwa kalian di sini terus berupaya, pertama karena negara kita belum bisa menyediahkan lapangan kerja bagi semua orang/ Kedua, kalian harus mengunakan kesempatan ini degan baik untuk memperbaiki hidup keluarga di Timor," pintanya.

Baca juga: PM Xanana Bantu Membongkar Pagar untuk Akses Jalan di Taibessi Sejak Zaman Portugis

Ketua Asosiasi Orang Timor di Peterborough-UK, Celso Oliveira, yakin pesan dari PM Xanana sangat penting untuk memotivasi WNTL untuk terus bekerja dengan disiplin dan mempromosikan budaya dan kesatuan nasional antara orang Timor.

"Dengan hormat dan cinta kasih untuk mendengarkan pesan dari PM Kay Rala Xanana Gusmão yang berpesan pada anak-anaknya orang Timor untuk bekerja dengan giat, turut berkontribusi pada keluarga dan pembangunan di Timor-Leste," ungkapnya dengan bangga.

Selama ini Asosiasi juga gemar melakukan kegiatan olahraga dan budaya untuk mempromosikan identitas Timor-Leste di UK, serta untuk menjamin kedamaian antara orang Timor-Leste dimanapun berada.

Sesuai data pada tahun 2017, jumlah WNTL yang terdaftar di Kedubes TL di UK sebanyak 16.000 orang dan hingga saat ini proses registrasi tidak dilakukan lagi karena para WNTL juga tidak berinisiatif untuk melakukan registrasi.

Baca juga: PM Xanana Minta Agar Woodside Energy Membangun Pabrik Pengolahan Gas Greater Sunrise di Timor-Leste

Usai meluncurkan podcast, Kepala Pemerintah bersama delegasinya lansung melakukan pemantauan lansung pada tempat yang direncanakan akan dibangun Kedutaan Besar Timor-Leste yang baru.

Dalam rencana instalasi Kedubes TL yang baru itu akan memiliki bangunan lima lantai seluas 3,417 Sq-ft, berlokasi di 11 Little College St, London, dekat gedung Parliament & Westminister Abbey.

PM Xanana memberikan cenderamata berupa Tais sebagai bentuk terimakasih dari masyarakat dan Pemerintah Timor-Leste kepada pemilik rumah.

Baca juga: Sampah Masalah Serius di Kota Dili, PM Timor Leste Xanana Gusmao Sampai Masuk Gorong-gorong

Ia mengatakan, tahap selanjutnya akan memalkukan diskusi mendalam di Dewan Menteri bersama Komis Nasional Pengadaan (CAN –portugis) dan Dewan Administrasi Dana Infrastrutktur (CAFI –portugis) untuk melihat secara teknis dalam pendanaan Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama untuk diajukan dalam Anggrana Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Dubes TL di UK, João Paulo, mengucapkan terima aksih kepada Kepala pemerintah karena ingin mengajukan pendanaan di APBN 2024 untuk membeli bangunan dan tanah bagi Kedubes Timor-Leste, guna menyediakan fasilitas yang maksimal bagi WNTL di UK.

Baca juga: Tentang Pembahasan Wilayah Darat Perbatasan Xanana Gusmao-Jokowi Sepakati Poin-poin ini

“Kita bersyukur, Perdana Menteri kita ingin memperhatikan Kedubes baru dan konsulat di Irlandia Utara. Ini untuk pertama kalinya Pemerintahan Ke-sembilan melakukan program ini dari dalam negeri sampai keluar negeri,” katanya.

Selama kunjungan tersebut, hadir juga tim teknis dari CAN, Manuel Socorro dan CAFI, Eusèbio Xavier, perwakilan Kementerian Rencana Investasi Estrategis serta dari Kedutaan Besar Timor-Leste di UK. **