Helo Timor Leste

Satu Jam Setelah Dimasak dan Tidak Dimakan Masukkan Lenari Es, Ini Sebabnya

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Senin, 5 Feb 2024 13:52
    Bagikan  
Masukkan Kulkas
Getty

Masukkan Kulkas - Sajam setelah dimasak masukkan kulkas

HELOINDONESIA.COM - Orang Mengklaim Makan Nasi Sehari-hari Bisa Berbahaya, Dan Kemarahan pun Terjadi — Inilah Konfirmasi Malangnya Dari Seorang Ahli

Beberapa bulan yang lalu, kami mengetahui bahwa jika Anda mengonsumsi makanan yang didiamkan terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Dan, dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat menyebabkan kematian. Fenomena inilah yang oleh sebagian ahli medis disebut sebagai "Sindrom Nasi Goreng":

Kini orang-orang di internet menunjukkan aspek penting lainnya yang perlu diingat: Meskipun Anda tidak membiarkan nasi dalam suhu ruangan dalam waktu lama, menyimpannya di lemari es lebih dari sehari bisa berbahaya.

Beberapa orang bahkan menceritakan bagaimana sisa nasi yang dipanaskan kembali dapat membuat mereka masuk rumah sakit karena keracunan makanan.

Baca juga: Stress, Waktu Tidur Tiba-tiba Terbangun karena Kram Kaki, Ini Kata Ahli

Klulkas

BuzzFeed menemukan seorang pakar yang mengalami hal ini secara langsung — dan ceritanya menjadi viral. Dr Lauren DeDecker adalah dokter residen penyakit dalam yang sakit parah karena nasi sehingga harus diangkut ke rumah sakit melalui helikopter.

Untungnya, Dr. DeDecker baik-baik saja setelah dia menerima perawatan medis. “Sebelum saya pergi, saya bertanya bagaimana mereka menyiapkan makan malam saya.

Mereka memberi tahu saya secara terbuka bahwa hidangan nasi telah dibuat dalam panci besar pagi itu, telah didiamkan pada suhu kamar sepanjang hari, kemudian dipanaskan kembali dan disajikan malam itu untuk makan malam.

Jadi, makanan tersebut belum disimpan di lemari es. Walaupun saya tidak tahu pasti apakah itu adalah keracunan makanan B. Cereus — atau Sindrom Nasi Goreng — berdasarkan apa yang saya makan dan riwayatnya, kemungkinan besar memang itulah penyebabnya, " jelasnya. Anda dapat mendengarkan ceritanya di TikTok di sini.

Baca juga: Spike Megawati Red Sparks yang Seram Hentikan Kemenangan Berturut Hundyai Hillstate

Dr DeDecker mengatakan rekomendasi paling aman adalah memasukkan nasi apa pun yang tidak akan Anda konsumsi langsung ke dalam lemari es dalam waktu satu hingga dua jam setelah dimasak (tetapi satu jam lebih aman).

Namun hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah Anda hanya boleh memanaskan nasi SEKALI. "Misalnya Anda memiliki sisa makanan.

Anda tidak ingin mengambil sebagian nasi itu, memanaskannya kembali, tidak menghabiskannya, memasukkannya kembali ke dalam lemari es, dan kemudian memanaskan kembali porsi nasi yang sama itu lagi."

Memanaskan kembali nasi lebih dari sekali, menurut Dr. DeDecker, meningkatkan risiko Anda tertular B. Cereus karena Anda menambah waktu nasi tidak didinginkan atau dipanaskan dengan benar.

Lauren DeDecker

“Bakteri terdapat di mana-mana di lingkungan, hal ini tidak jarang terjadi, namun tidak semua bakteri ada di dalam beras dan produk ramah lingkungan.

Anda tidak akan tahu apakah bakteri tersebut ada di dalam beras atau tidak, karena bakteri ini berukuran mikroskopis. Dan ini berlaku untuk bakteri berwarna putih, nasi goreng, nasi apa saja,” jelasnya.

Namun, banyak orang di TikTok yang mengatakan fenomena ini tidak nyata karena mereka telah memanaskan nasi jutaan kali dan hal ini tidak pernah terjadi pada mereka...tetapi Dr. DeDecker mengatakan hal tersebut sangat nyata.

Baca juga: Kimchi Membantu Anda Kurangi Lemak Perut dan Hindari Penambahan Berat Badan

"Bakteri tidak akan ada di setiap tong atau bungkusan nasi. Dibutuhkan sejumlah bakteri untuk membuat Anda sakit. Jika nasi terlalu lama disimpan pada suhu ruangan, bakteri dan spora dapat berkembang biak dan jumlahnya meningkat sehingga bebannya bisa menjadi cukup tinggi hingga membuat Anda sakit," tambahnya.

Jadi, mari kita bahas praktik teraman Dr. DeDecker sehingga kita dapat melakukan yang terbaik untuk mencegah penyakit ini terjadi dalam hidup kita:

"Untuk mencegah sakit, sajikan nasi segera setelah matang. Lalu, masukkan sisa nasi di lemari es dalam waktu satu jam setelah memasaknya. Simpan nasi di lemari es tidak lebih dari satu hari. Jangan memanaskan kembali porsi nasi yang sama lebih dari sekali. Beras harus disimpan di bawah suhu 40 derajat Fahrenheit."