Helo Timor Leste

Presiden Horta Sambut Baik Keputusan PM Mohdi Buka Kedutaan di Dili

Satwika Rumeksa - Nasional
Minggu, 1 Oct 2023 05:55
    Bagikan  
Menlu India
Istimewa

Menlu India - Presiden Horta dan Menlu Rajan Singh

HELOTIMORLESTE.COM - Presiden Timor-Leste, Jose Ramos-Horta, pada hari Sabtu, menyambut baik keputusan Perdana Menteri Narendra Modi untuk membuka Kedutaan Besar India di ibu kota negaranya, Dili.

Menteri Negara (MoS) untuk Urusan Eksternal, Rajkumar Ranjan Singh, yang tengah melakukan kunjungan resmi selama empat hari di Timor Leste menemui Presiden Horta pada hari Sabtu.

Keduanya membahas cara-cara untuk memperkuat hubungan bilateral melalui kerja sama di sektor minyak dan gas, pengembangan kapasitas, kesehatan, perdagangan dan ketahanan pangan.

"Pertemuan yang sangat bermanfaat dari MOS @RanjanRajkuma11 dengan Yang Mulia Bapak Jose Ramos-Horta, Presiden Timor Leste, hari ini. Membahas cara-cara untuk lebih memperkuat hubungan bilateral melalui kerja sama di bidang kesehatan, perdagangan, sektor minyak dan gas, pengembangan kapasitas, ketahanan pangan," India di Timor Leste memposting di platform media sosial, X.

Baca juga: Liga Inggris 2023: Keputusan Wasit VAR Rugikan Liverpool

"Presiden Horta menyambut baik keputusan Perdana Menteri Shri Narendra Modi untuk membuka Kedutaan Besar India di Dili," tulis postingan tersebut.

PM Modi baru-baru ini mengumumkan pembukaan kedutaan besar India di Dili.
Ini merupakan kunjungan tingkat menteri pertama India ke Timor-Leste sejak tahun 2018. Sebelum kedatangannya di Dili, Menlu Singh berada di Selandia Baru untuk kunjungan kenegaraan.

Direktorat Jenderal Urusan Bilateral dan Direktorat Jenderal Protokol Timor Leste menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Singh di Dili.

"Menteri Luar Negeri @RanjanRajkuma11 disambut dengan hangat oleh Direktorat Urusan Bilateral dan Direktorat Protokol setibanya di Dili dalam kunjungan perdananya ke Timor Leste, kunjungan tingkat menteri pertama dari India ke Timor Leste sejak tahun 2018," tulis India di Timor Leste di akun Twitternya.

Dalam perjalanannya dari Selandia Baru ke Timor Leste, Menteri Luar Negeri India juga singgah di Bali dan bertemu dengan duta besar India untuk Jakarta, Sandeep Chakravorty.

"Sambutan hangat untuk Yang Mulia Menteri Luar Negeri @RanjanRajkuma11 di Bali. Hon'ble MOS sedang transit di Bali dalam perjalanan menuju Dili (Timor Leste) untuk melakukan pertemuan bilateral pada tanggal 1-2 Oktober 2023," tulis Chakravorty di akun Twitternya.

Baca juga: Liga Inggris 2003: Hasil Lengkap Pertandingan, City dan United Keok

Menlu Singh juga akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan Kerjasama negara Asia Tenggara Bendito dos Santos Freitas dan Menteri Perdagangan dan Industri Filipus Nino Pereira, demikian menurut sebuah rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri (MEA).

Singh juga akan bertemu dengan beberapa kepala dari beberapa badan dan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menteri Luar Negeri India kemudian akan berinteraksi dengan para anggota komunitas India dan ikut serta dalam perayaan Gandhi Jayanti.
Pada tanggal 7 September, ketika berpidato pada KTT ASEAN-India ke-20 di Jakarta, PM Modi mengumumkan pembukaan kedutaan besar India di Dili, Timor Leste.

"Bertindaklah ke Timur - Delhi ke Dili! Pada KTT ASEAN-India di Jakarta, PM @narendramodi mengumumkan keputusan untuk membuka Kedutaan Besar kami di Dili, Timor-Leste," tulis juru bicara resmi MEA, Arindam Bagchi di akun Twitternya setelah pengumuman PM Modi.

Dili merupakan ibu kota dari Timor Leste, atau Timor Leste, yang terletak di pesisir utara negara ini. Kota ini memiliki arti penting karena kota ini mengenang perjuangan negara ini untuk meraih kemerdekaan dari Portugal dan juga Indonesia.

Keputusan India untuk membuka sebuah kedutaan besar di Dilli menunjukkan komitmennya terhadap kebijakan Act East.**