Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Swedia Ungguli Afrika selatan 2-1

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 23 Jul 2023 22:05
    Bagikan  
Swedia
Istimewa

Swedia - Swedia menang 2-1 atas Afrika Selatan

HELOTIMORLESTE.COM - Amanda Ilestedt mencetak gol kemenangan di menit-menit terakhir saat Swedia mengalahkan Afrika Selatan di Piala Dunia Wanita FIFA di Wellington.

Juara Piala Afrika 2022 nyaris meraih poin pertama mereka di Piala Dunia, setelah kalah dalam tiga pertandingan pada satu-satunya penampilan mereka sebelumnya di tahun 2019.

Afrika Selatan membuka skor dengan gol pada menit ke-48 dari Hildah Magaia, tetapi dibatalkan oleh upaya Frida Rolfo yang dibelokkan sebelum sundulan menentukan Ilestedt.

Swedia memuncaki Grup G, dengan Argentina dan Italia akan bertemu pada Senin.

Afrika Selatan hampir memimpin lebih awal ketika kapten Refiloe Jane melihat penjaga gawang Swedia Zecira Musovic keluar dari barisannya dan mencoba melakukan serangan berani dari jarak 40 yard, dengan bola berakhir di atap gawang.

Sementara tim asuhan Desiree Ellis tampil mengesankan dengan serangan balik, Swedia - peringkat ketiga dunia - kesulitan untuk menciptakan peluang yang jelas, dan Filippa Angeldal memaksa satu-satunya penyelamatan dari Kaylin Swart di babak pertama dengan upaya jinak dari rutinitas tendangan bebas.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Prancis Frurtrasi Ditahan Jamaika 0-0

Afrika Selatan berlari keluar dari blok setelah istirahat, menemukan pembuka ketika Musovic hanya bisa menangkis tembakan dibelokkan Thembi Kgatlana ke jalur Magaia, yang berlari bola ke gawang untuk tujuan Piala Dunia kedua negaranya.

Magaia absen dari perayaan timnya, melukai dirinya sendiri saat dia memasukkan bola ke gawang, dan segera diganti.

Saat Swedia memasukkan lebih banyak pemain ke depan untuk mencari gol penyeimbang, Afrika Selatan menikmati lebih banyak peluang serangan balik dan terus tampil sebagai tim yang lebih mengancam.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Belanda Menang Tipis Atas Debutan Portugal 1-0

Namun kerja keras mereka terbalaskan ketika sentuhan Rolfo dari umpan silang Johanna Kaneryd dibelokkan oleh Lebohang Ramalepe masuk gawangnya sendiri.

Sisi Peter Gerhardsson terus mendorong ke depan tetapi digagalkan oleh pertahanan solid Afrika Selatan sampai sudut Kosovare Asllani disambut oleh Ilestedt dengan sundulan yang kuat.**