Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Spanyol ke Semifinal Setelah 26 Tahun, Tekuk Belanda 2-1

Satwika Rumeksa - Olahraga
Jumat, 11 Aug 2023 15:08
    Bagikan  
Selebrasi Spanyol
Istimewa

Selebrasi Spanyol - Pemain Spanyol melakukan selebrasi setelah tundukkan Belanda 2-1

HELOTIMORLESTE.COM - Pemain sayap remaja Salma Paralluelo bangkit dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan pada menit ke-111 saat Spanyol mengalahkan Belanda untuk mencapai semifinal Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Mariona Caldentey tampaknya memberi Spanyol kemenangan dalam waktu normal ketika dia mencetak gol penalti pada menit ke-80 melalui tiang gawang setelah Stefanie van der Gragt dilanggar di dalam kotak.

Van der Gragt berubah dari penjahat menjadi pahlawan dengan mencetak gol penyeimbang di menit akhir - tetapi Paralluelo menemukan ruang di area tersebut pada perpanjangan waktu untuk menempatkan wanita Spanyol ke semifinal besar pertama mereka selama 26 tahun.

Baca juga: Covid-19 Varian Eris Masuk Indonesia Sub Varian EG.5 Omicron

Belanda, runner-up pada 2019 di mana mereka dikalahkan oleh AS di final, kalah dalam waktu lama meskipun mereka seharusnya memimpin beberapa detik sebelum pemenang, ketika Lineth Beerensteyn melepaskan tembakan dari jarak jauh.

Paralluelo, 19, kemudian menerima bola dari Jenni Hermoso, tetap tenang di dalam kotak dan menyerang dengan sempurna di tiang kiri untuk menjadi pencetak gol termuda Spanyol di Piala Dunia Wanita - dan bintang terbaru mereka.

"Itu sangat berarti bagi saya, itu adalah momen yang unik, euforia yang luar biasa... Saya sangat bahagia," kata Parallluelo.

Baca juga: Kepala Remaja Putri Dilindas Pakai Motor di Sukabumi, Pelaku Pacar Korban Bersama 7 Temannya

"Kami pergi ke perpanjangan waktu, tapi tim tetap percaya," kata pelatih Jorge Vilda. "Mereka bermain di level yang luar biasa, semua pemain, dan itu adalah pertandingan dengan banyak keputusan emosional, dan gol dari Salma, itu benar-benar menyenangkan."

Spanyol akan melawan Jepang atau Swedia, yang bertemu di Auckland pada pukul 08:30 BST pada hari Jumat, di semifinal pada hari Selasa.**