Helo Timor Leste

Liga Inggris 2023: Man City 5-0 Fullham, VAR Blunder Sahkan Gol Manchester City

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 3 Sep 2023 08:09
    Bagikan  
VAR Blunder
imageplay

VAR Blunder - VAR blunder mengesahkan gol Ake, padahal Akanji rekannya offside

HELOTIMORLESTE.COM - Para penggemar rival dibuat marah setelah keputusan VAR yang "memalukan" yang mengizinkan gol kedua Manchester City ke gawang Fulham.

Sang juara bertahan Liga Primer Inggris tampaknya akan memasuki babak pertama pertandingan Sabtu (2 September) sore dengan kedudukan sama kuat dengan the Cottagers setelah Tim Ream membatalkan gol pembuka Julian Alvarez.

Namun Nathan Ake menanduk bola dari tendangan sudut Phil Foden di menit terakhir tambahan waktu di akhir 45 menit pertama untuk mengembalikan keunggulan City.

Setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut tetap disahkan - meskipun rekan bertahan Ake, Manuel Akanji, berada dalam posisi offside saat ia menyundul bola ke arah gawang dan menyingkir untuk menghalaunya.

Baca juga: Setelah 160 Tahun Misteri Garis Wallace yang Membelah Indonesia Jadi Dua Terpecahkan, Ternyata Ini Rahasianya

Banyak pendukung klub lain yang merasa Akanji telah mengganggu jalannya pertandingan, dengan salah satunya menulis di Twitter: "Akanji dalam posisi offside dan menghalangi pandangan Bernd Leno, namun gol Ake tetap terjadi. Sungguh memalukan. VAR adalah sebuah lelucon."

Yang kedua menggemakan: "Memalukan. Offside yang jelas menurut setiap huruf hukum." Dan yang ketiga marah: "Keputusan VAR yang memalukan. Bagaimana mungkin dia tidak mengganggu dalam posisi offside?"

Yang keempat juga mempertanyakan: "Bagaimana mungkin ini tidak dianulir???" Sementara yang kelima berargumen: "Ini adalah sebuah skandal! Semua orang yang terlibat tidak boleh menjadi wasit di pertandingan Premier League lagi!"

Baca juga: Gak Cuma Setuju, PKS Sebut Pasangan Anies- Cak Imin Bakal Meraih Kemenangan

"Jika dia tidak bergerak, dia menghentikan bola. Pasti offside," komentar yang keenam, sebelum yang ketujuh menambahkan: "@FA_PGMOL tidak membantu diri mereka sendiri untuk menepis teriakan korupsi."

Bahkan mantan wasit Mike Dean yakin bahwa gol tersebut seharusnya tidak sah. Berbicara dalam peran barunya sebagai analis pertandingan di Sky Sports' Soccer Saturday, ia mengatakan: "Menurut saya, tidak, itu tidak bisa.

"Itu tidak bisa berdiri. Dia melompati bola, dia harus mengganggu. Pemain ada di sana dan dia (Leno) ragu-ragu. Itu harus dianulir."

Gol Man City dicetak oleh

  • Álvarez (31'minutes)
  • Aké (45'+5minutes)
  • Haaland (58'minutes70'minutes pen90'+5minutes)

Sedangkan gol Fulham dicetak oleh

  • Ream (33'minutes)