Helo Timor Leste

Pijat Urut Tidak Sembuhkan Keseleo Bila Ada Robek Pada Otot, Persepektif Kedokteran Olahraga

Ugu - Olahraga
Senin, 20 May 2024 14:53
    Bagikan  
dr Andhika Raspati SpKO
Instagram

dr Andhika Raspati SpKO - Kesleo tidak bisa sembarang dipijat

Helotimorleste- Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati, SpKO, menekankan bahwa pijat atau urut tidak efektif untuk memulihkan ligamen atau otot yang terluka akibat keseleo.

Ia menjelaskan bahwa keseleo biasanya melibatkan robekan pada ligamen, yang merupakan jaringan yang menghubungkan tulang. Pijat hanya dapat memberikan kenyamanan sementara dari rasa sakit dan membantu relaksasi, namun tidak dapat menyatukan kembali ligamen yang robek.

Baca juga: Hutang Baru Dicicil Dua Kali Terus Berhenti, Pidana atau Perdata, AA Afandi Menjawab

"Kalau misalnya sobek, pakai logika saja, dipijit apa bisa tersambung kembali?” kata dr. Andhika Raspati, SpKO dalam temu media di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2024.

Menurut Andhika proses penyembuhan otot atau ligamen yang robek memerlukan waktu dan terkadang membutuhkan intervensi medis, seperti operasi, terutama jika kerusakannya parah.

Andhika kembali mengingatkan bahwa ada perbedaan antara mengurangi gejala dan menyembuhkan cedera. Banyak orang yang mengalami keseleo pada pergelangan kaki merasa lebih baik setelah dipijat, tetapi ini tidak berarti ligamen mereka telah sembuh.

Baca juga: AA Afandi : Membeli Kendaraan Bodong Bisa Dipidana

"Makanya kenapa banyak orang kena angkle, dipijit jadi kumat-kumatan, jadi sedikit injak lubang sedikit keseleo, kesenggol sedikit keseleo karena tidak dilatih, tidak ditangani sebagaimana semestinya,” ucap dia.

Ia juga menyatakan kekhawatirannya bahwa robekan ligamen yang tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan sendi menjadi tidak stabil, yang dapat berdampak jangka panjang pada kestabilan tubuh.

Oleh karena itu, Andhika menyarankan pasien yang mengalami cedera serupa untuk melakukan latihan stabilisasi tubuh secara rutin, seperti berdiri dengan satu kaki, untuk membantu sendi menjadi stabil kembali dan mencegah cedera berulang.

Untuk tindakan pijat, Andhika menyarankan agar dilakukan oleh ahli yang kompeten di bidangnya dan mengkonsultasikan dengan dokter untuk tindakan medis yang tepat, dan menambahkan bahwa pijat sebaiknya dihindari jika area yang cedera masih sangat bengkak.***