Helo Timor Leste

Mantan Penyidik KPK Punya Rekening Gajah Rp 300 Miliar, AKBP Tri Suhartanto: Uang Bisnis Sejak 2004

Ugu - Ragam
Selasa, 4 Jul 2023 11:07
    Bagikan  
Punya Rekening Rp 300 Miliar
apahabar.id

Punya Rekening Rp 300 Miliar - Mantan penyidik KPK AKBP Tri Suhartanto dikabarkan punya rekening gajah, nilainya mencapai Rp 300 miliar. Dia mengatakan rekening tersebut adalah uang bisnis yang dikelola sejak 2004.

HELOTIMORLESTE.COM - Novel Baswedan mengungkap dugaan transaksi mencurigakan yang libatkan eks penyidik KPK. Dia disebut sebut punya rekening gajah, tidak tanggung-tanggung, nilainya mencapai Rp 300 miliar.

Disebutkan kasus ini terjadi pada masa kepemimpinan Firli Bahuri. Ini yang membuat penasaran, siapa orangnya?

Namun KPK kemudian menyebutkan bahwa penyidik yang mempunyai rekening Rp 300 miliar itu adalah AKBP Tri Suhartonto, demikian unggah akun instagram @kumpatrancom, Selasa 4 Juli 2024. 

Baca juga: 120 Hari Kerja Pemerintahan Baru Xanana, Janjikan Subsidi Kepada Media Online di Timor Leste

Ternyata dia sudah mundur dari KPK sejak Februari 2023, pada saat ini AKBP Tri Suhartanto menjabat sebagai kapolres Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Informasi yang kami peroleh, yang bersangkutan kembali berdinas di Polri, karena memang sudah berakhir masa tugasnya. jadi bukan karena persoalan lain di KPK," ujar Fikri Ali, Plt juru bicara KPK ketika dikonfirmasi.

Baca juga: Bea Cukai Sita 435 Liter BBM dan Pakaian Bekas Hendak Diselundupkan ke Timor Leste

Dia menegaskan bahwa sudah berkonfirmasi langsung kjepada Tri, lalu Tri pun menjelaskan bahwa tidak benar urusan itu (Rp 300 miliar) ada kaitannya dengan tugas dirinya saat di KPK.

Tri menjelaskan bahwa disebut bahwa transaksi itu merupakan duwit berputar di rekening, karena ada bisnis pribadinya yang dilakukan sejak 2004. Jadi jauh sebelum saya bertugas di KPK. Bahkan sejak 2018 rekening yang dimaksud sudah ditutup," tuturnya saat dikonfirmasi.

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Sabuk Merah di Perbatasan Timor Leste Putus

Kepada tempo.co, dia menegaskan, : “Terkait rekening saya sudah dimintai keterangan baik dari inspektorat KPK dan di internal Polri saat kembali kesatuan Polri,” kata dia lewat pesan teks, Senin, 3 Juli 2023. ***