Helo Timor Leste

Cara Menikmati Kopi Timor Leste Menggunakan French Press Agar Sempurna

Aditya - Ragam
Selasa, 15 Aug 2023 21:51
    Bagikan  
French Press
Istimewa

French Press - Cara seduh kopi dengan French Press

HELOTIMORLESTE.COM -

French Press adalah pot (teko) berbentuk tabung, namun dengan pendorong dan filter bawaan, hingga air panas mengenai kopi bubuk, langsung difilter. Inilah cara orang Perancis menciptakan rasa yang kaya dalam secangkir kopi harian Anda secara mudah.

Mulailah dengan menempatkan French Press di tempat yang rata dan kering. Pegang gagangnya dengan kuat, lalu tarik keluar pendorongnya.

Masukkan satu sendok makan (7-8 gram) gilingan kasar-sedang ke dalam panci per 6,7 ons (200 ml) air. Atau perbandingan gilingan kopi dengan air 1:12

Baca juga: Ekspor Kopi Timor Leste Nomor Tiga di China, Ungguli Australia, Jepang dan Inggris

Kemudian, tuangkan air panas namun tidak terlalu mendidih (pada atau sekitar 200° Fahrenheit atau 93° Celcius ke dalam panci, lalu aduk perlahan.

Sekarang, masukkan kembali pendorong ke dalam panci perlahan, dan berhenti tepat di atas air dan kopi bubuk (jangan dicelupkan dulu karena air dan kopi harus tercampur lebih dahulu), dan diamkan selama 3-4 menit.

Baca juga: Menurut Studi, Kopi Dengan Pemanis Sedang Dapat Membantu Memperpanjang Usia

Setelah itu baru tekan plunger ke bawah secara perlahan, berikan tekanan yang stabil, yang stabil agar filter bisa menyaring dan tidak rusak, setelah senuanya selesai cuci panci dengan air dan detergen ringan, lalu keringkan secara menyeluruh.

Rasio kopi French Press yang sempurna untuk membuat kopi yang enak yakni dengan rasio 1:12, artinya satu bagian kopi dengan 12 bagian air, atau sesuaikan dengan selera Anda.

Bila Anda ingin membuat kopi untuk 2 cangkir sebagai panduan umum, mesin Press Prancis membutuhkan sekitar 14 hingga 16 gram bubuk kopi. Ini setara dengan sekitar 3 hingga 4 sendok makan kopi. Jadi perbandingan kopi dengan air kira-kira 1:15.

Tetakhir ini yang penting, Jenis kopi apa yang terbaik untuk Perss Prancis, tentu Kopi Timor Leste,
sebab sistem penyeduhan kopi French Press biasanya dilengkapi dengan medium to dark roast tentu Itu Ciri Khas Kopi Timor Leste, tinggal menambahkan susu dan gula sesuai selera Anda.***