Helo Timor Leste

Gunung Sumbing di Wonosobo Jateng Terbakar Hebat, Tim Gabungan Evakluasi 69 Orang Pendaki

Ugu - Ragam
Minggu, 3 Sep 2023 13:00
    Bagikan  
KEBAKARAN BESAR DI GUNUNG SUMBING-
tangkap layar video@net2netnews/instagram

KEBAKARAN BESAR DI GUNUNG SUMBING- - Terjadi kebakaran hebat di gunung Sumbing (3771 dpl) menyebabkan sebanyak 69m pedanki dievakuasi.

HELOTIMORLESTE.COM - Akibat kebaran, pihak BPBD kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, melakukan evakuasi terhadap 69 orang pedaki, demikian penjelasan  Sekretaris BPBD Kabupaten Wonosobo, Bambang Tri P, Sabtu 3 September 203.

Dia menjelaskan titik api kebakaran terjadi di jalur pendakian kecamatan Kalikajar, kecamatan Sapuran dan kecamatan Kepil.

Dia juga mengimbau agar seluruh masyarakat maupun tim petugas base camp bisa lebih waspada dan segera melapor jika menemukan titik api.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di lereng gunung dan para base camp untuk waspada dan hati-hati mengingat cuaca seperti yang sekarang ini. Kemarau panjang sangat rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” kata Bambang dikutip dari antaranews.com.

Baca juga: Gali Freitas Kembali ke Timor Leste Membawa Kemenangan Tim PSIS Semarang, Lawan Bali United

Bambang menyampaikan kebakaran di lokasi sudah terjadi pada Jumat, 1 September 2023. Dia bilang kebakaran tersebut memang rentan terjadi karena faktor cuaca yang terjadi pada gunung yang tingginya 3371 dia tas permukaan laut.

Menurut laporan, keseluruhan para pendaki tersebar di tiga base camp (BC) pendakian yang meliputi:

  • BC (base camp) Butuh 25 orang,
  • BC Lamuk 7 orang
  • BC Stikpala 37 orang.

Baca juga: Ronaldo Cetak Gol Keenam Kalinya dallam 3 Pertandingan Terakhir,Pemain Pertama dalam Sejarah dengan 850 Gol Resmi

Tim BPBD Kabupaten Wonosobo bersama TNI, Polri dan tim gabungan juga melakukan proses penyelidikan lebih lanjut terkait pemicu karhutla tersebut.

Sesaat kemudian Beredar video di media sosial yang memperlihatkan kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng).

Seperti diunggak akun instagram @net2netnews, Sabtu 3 September 2023, dari sudut rekaman warga tampak sebuah video betapa besar api menampaki puncak gunung Sumbing. 

Baca juga: Liga Inggris 2023: Son Heung-min Trigol, Burnley 2-5 Tottenham Hotspur



Posisi lahan yang mengalami kebakaran hutan di Gunung Sumbing tepatnya berada di sisi timur dan tenggara Pos 4 Segremeng tulis keterangan Info Mitigasi pada akun sosial media X nya .

Seorang warga , Edi Wibowo , mengatakan kebakaran di Gunung Sumbing mulai terlihat selepas magrib.

"Kelihatan kebakaran selepas Magrib. Kalau siang hanya terlihat asap saja," ujar Edi yang tinggal di Kaliangkrik, Kabupaten Magelangm mengutip kabar detik.com.

Baca juga: Liga Inggris 2023: Man City 5-0 Fullham, VAR Blunder Sahkan Gol Manchester City

Gunung Sumbing  adalah gunung berapi stratovolcano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Gunung ini berbentuk simetris dan merupakan puncak tertinggi ketiga di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Jawa Tengah.

Satu-satunya laporan letusan historis adalah dari tahun 1730, dan telah menciptakan kawah freatik kecil di puncaknya.
Gunung ini dapat diakses dengan mudah dari Semarang, sekitar 2,5 jam perjalanan dengan mobil

Rute normal untuk mendaki Gunung Sumbing adalah melalui Garung, yang dianggap sebagai rute yang menantang dan membutuhkan waktu rata-rata 9 jam 20 menit untuk menyelesaikannya. ***