Helo Timor Leste

Sangat Langka, Wanita dengan Rahim Ganda Hamil dan Mengandung Bayi di Kedua Rahimnya

Satwika Rumeksa - Ragam
Minggu, 12 Nov 2023 06:42
    Bagikan  
Kelsey Hatcher dan Caleb
13ABC via CNN

Kelsey Hatcher dan Caleb - Kelsey punya dua rahim dan keduanya berisi bayi

HELOTIMORLESTE.COM - Seorang wanita Alabama yang terlahir dengan dua rahim sedang hamil di kedua rahimnya, menurut media lokal WVTM 13.

Kelsey Hatcher, yang juga terlahir dengan dua rahim, dan suaminya, Caleb, mengetahui bahwa mereka sedang mengandung pada musim semi, ketika Kelsey diberitahu bahwa ia mengandung bayi di masing-masing rahimnya saat melakukan pemeriksaan USG pertama.

"Saya berkata, 'Yah, ada dua di dalam sana. Dan [suami saya] berkata, 'Kamu bohong. Saya berkata, 'Tidak, saya tidak berbohong,'" kata Kelsey kepada WVTM 13.

Dia dan Caleb sudah menjadi orang tua dari tiga anak - usia 7, 4 dan 2 tahun - dan tanggal kelahiran kedua anaknya (dari 2 rahim), keduanya perempuan, adalah akhir tahun ini pada Hari Natal.

Menurut Mayo Clinic, rahim ganda adalah kondisi langka yang "ada sejak lahir" pada beberapa wanita, dan terjadi ketika dua saluran kecil yang biasanya tumbuh dan bergabung bersama untuk membentuk rahim saat janin tumbuh, malah "tidak bergabung sepenuhnya" dan "masing-masing berkembang menjadi organ yang terpisah."

Meskipun setiap rahim yang terpisah mungkin memiliki leher rahimnya sendiri - lubang ke vagina - "dalam kasus lain, setiap rahim memiliki leher rahimnya sendiri."

Berbicara dengan WVTM 13, OB/GYN Dr. Shweta Patel mengatakan kepada outlet tersebut bahwa situasi kehamilan Kelsey adalah "Sangat, sangat jarang terjadi."

"Ya, dokter kandungan menjalani seluruh karir mereka tanpa melihat hal seperti ini," tambah Patel.

Richard Davis, yang berspesialisasi dalam kehamilan berisiko tinggi, juga berbicara dengan WVTM 13, menjelaskan bahwa "mungkin tiga dari 1.000 wanita mungkin" memiliki leher rahim ganda atau rahim ganda.

"Dan kemungkinan Anda memiliki kembaran di setiap tanduk benar-benar gila," tambah Davis.

Menurut Davis, ketika tiba saatnya bayi-bayi itu lahir, Kelsey harus diawasi secara ketat.
"Ketika dia melahirkan, jika dia melahirkan, maka kita harus memantau setiap rahim dan melihat mana yang berkontraksi dan apakah mereka melakukan hal yang hampir sama, atau berbeda," katanya kepada WVTM 13.

Patel juga menjelaskan kepada media tersebut bahwa karena kondisi Kelsey sangat langka, para dokter tidak memiliki istilah medis resmi untuk menyebut kedua bayi tersebut.

"Saya pikir secara medis, ini adalah hal yang sangat langka, sehingga saya pikir kami tidak memiliki cara yang lebih baik untuk menggambarkannya selain menyebut mereka kembar," katanya.

Dan sementara Kelsey sangat senang dengan tambahan anggota keluarga baru ini, ia dan Caleb yakin bahwa kedua bayi ini akan menjadi kehamilan terakhir mereka.

"Kehamilan ketiga adalah kehamilan terakhir kami. [Dan] meskipun kami bersyukur atas berkahnya... ini pasti akan menjadi yang terakhir," katanya.**