Helo Timor Leste

Piala Asia 2024: Vietnam vs Indonesia Bakal Seru Bintang Emas Diunggulkan Menang Tipis atas Garuda

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Kamis, 18 Jan 2024 21:26
    Bagikan  
Preview Vietnam vs Indonesia
thestatzone.com

Preview Vietnam vs Indonesia - Pertarungan bakal seru, salah satu kalah berarti angkat koper

HELOINDONESIA.COM - Dua tim yang mencari poin pertama mereka di Piala Asia 2023 akan bertarung pada hari Jumat saat Vietnam dan Indonesia bersaing di Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha.

Dalam pertandingan pembukaan mereka, para pejuang Bintang Emas tidak dapat mempertahankan keunggulan mereka di paruh pertama, kalah 4-2 dari Jepang, sementara Indonesia menderita kekalahan 3-1 dari tangan Irak.

Pada awal pertandingan pembukaan mereka pada hari Minggu, Vietnam tampak siap untuk menimbulkan kejutan besar, memimpin atas peringkat teratas di Asia beberapa menit sebelum jeda.

Sayangnya, tim Philippe Troussier tidak bisa bertahan sebelum peluit pertengahan waktu, kebobolan dua kali sebelum babak pertama selesai, pukulan yang menghancurkan yang tampaknya mempengaruhi semangat mereka dalam 45 menit terakhir.

Meskipun kejadian buruk tersebut, manajer veteran Prancis mereka memberi mereka harapan untuk meraih gelar musim ini dan mungkin lolos ke Piala Dunia berikutnya, dengan Vietnam saat ini berada di jalur untuk melaju ke babak ketiga kualifikasi 2026, duduk di posisi kedua di Grup F dengan tiga poin dari dua pertandingan.

Meskipun mereka belum mendapatkan poin setelah satu pertandingan, Vietnam akan melihat kembali pada babak grup 2019 dan tahu bahwa semuanya masih terbuka, dengan Golden Star Warriors kalah dalam dua pertandingan grup pembukaan pada 2019 namun tetap lolos ke babak gugur.

Baca juga: Anggota Parlemen Nasional Timor Leste Cemas Pengaduan Chikungunya di Ermera, Masyarakat Harus Lakukan Langkah ini

Vietnam memasuki pertandingan ini dalam rentetan tiga kekalahan dalam semua kompetisi, mencetak gol sebanyak yang mereka buat dalam dua pertandingan sebelumnya pada hari Minggu.

Hanya satu dari tujuh gol terakhir mereka dalam kompetisi ini terjadi dalam 45 menit terakhir, sementara mereka telah kebobolan gol di babak kedua dalam tiga pertandingan kompetitif berturut-turut.

45 menit menjanjikan oleh Indonesia ternyata sia-sia karena mereka kebobolan gol kemenangan di akhir babak pertama, sementara mereka tidak bisa menciptakan banyak serangan di paruh kedua.

Yang paling menjanjikan dari permainan mereka di awal pertandingan itu adalah kemampuan mereka untuk tetap tenang di bawah tekanan sebelum akhirnya menyerah di paruh pertama.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Asia mereka, Tim Garuda kalah dalam pertandingan pembukaan mereka, sementara mereka telah kalah dalam pertandingan kedua mereka di turnamen ini dalam setiap dari empat kampanye babak grup sebelumnya.

Pemain-pemain Shin Tae-yong telah agak ceroboh dalam pertahanan dalam beberapa bulan terakhir, kebobolan beberapa gol dalam tiga dari empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Para pemain Indonesia telah kebobolan gol dalam hampir semua pertandingan Piala Asia mereka secara historis (seri 0-0 melawan Kuwait pada tahun 2000), membiarkan gol-gol dalam dua dari tiga pertandingan terakhir mereka dalam kompetisi ini.

Baca juga: Inilah Kehebatan Saab Gripen Dibandingkan Dassault Rafale

Mereka belum menang dalam enam pertemuan terakhir mereka dengan Vietnam, gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir mereka melawan mereka, dengan kemenangan terakhir mereka melawan Golden Star Warriors datang pada Desember 2016 (2-1).

Beberapa pemuda tampil untuk tim Vietnam pada pertandingan pertama, dengan Nguyen Van Truong dan Nguyen Filip masing-masing mengumpulkan cap kedua mereka untuk tim senior, sementara Le Pham Thanh Long hanya melakukan penampilan internasional ketiganya.

Kapten Do Hung Dung hanya satu cap lagi menuju 40, Vu Van Thanh membutuhkan lima cap lagi untuk mencapai 50, dan Nguyen Van Toan hanya kurang dua cap dari 60.

Nguyen Dinh Bac mencetak gol lima menit setelah Jepang mencetak gol pertama pada hari Minggu, sementara Pham Tuan Hai memberi mereka keunggulan mengejutkan di atas setelah setengah jam pertandingan, yang merupakan gol internasional kedua dan kelima bagi masing-masing pemain.

Ada kekhawatiran tentang kesehatan kapten Indonesia Asnawi Mangkualam, yang menderita cedera otot beberapa hari sebelum pertandingan pembukaan mereka, meskipun dia tampil melawan Irak sebelum digantikan oleh Witan Sulaeman di paruh pertama.

Pratama Arhan melakukan penampilan ke-40 dalam pertandingan pembuka mereka, Justin Hubner hanya mengumpulkan cap keempatnya bersama tim nasional, dan Yakob Sayuri sekarang hanya kurang dua cap lagi dari 20.

Baca juga: Membuka Jendela Mobl Salah Satu Tanda Pengemudi Mengalami Gangguan Tidur

Marselino Ferdinan sebentar menyamakan kedudukan timnya melawan Irak dengan gol internasional ketiganya, sebelum Ernardo Ari menyerahkannya pada akhir waktu tambahan babak pertama, sementara kebobolan satu lagi di babak kedua.

Perkiraan susunan pemain Vietnam:
Filip; Binh, B. Anh, Tai; T. Anh, Son, N. Ahn, Khang; Dung, Bac; Hai

Perkiraan susunan pemain Indonesia:
Ari; Mangkualam, Ridho, Baggott, Arhan; Klok; Sayuri, Salaeman, Hubner, Ferdinan; Struick

Kedua tim ini relatif seimbang dalam hal kualitas, tapi pengalaman Troussier dalam turnamen besar bisa memberikan sedikit keunggulan bagi tim Vietnam dalam pertandingan ini. Prediksi Vietnam 2-1 Indonesia atau draw..**