Helo Timor Leste

Euro 2024 Jerman: Swiss Tidak Takut Melawan Italia di 16 Besar

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Kamis, 27 Jun 2024 20:43
    Bagikan  
Swiss vs Italia
Istimewa

Swiss vs Italia - Membuka sistem gugur pertandingan Swiss vs Italia

HELOTIMORLESTE.COM - Orang Italia dan Swiss telah lama memiliki hubungan dekat, berbagi perbatasan dan bahasa Italia adalah salah satu bahasa resmi Swiss, namun hal itu akan terlupakan di Berlin.

Italia dan Swiss telah bertemu sebanyak 61 kali, lawan yang paling sering dihadapi oleh masing-masing negara dan meskipun Swiss hanya berhasil mengalahkan Italia sebanyak delapan kali, terakhir pada tahun 1993, mereka tampil lebih mengesankan di Jerman.

Swiss nyaris memuncaki Grup A sebelum kebobolan gol penyeimbang di masa tambahan waktu pada pertandingan terakhir melawan tuan rumah Jerman, dan itu adalah penampilan yang menunjukkan bahwa mereka tidak takut pada siapa pun di turnamen ini.

Italia membutuhkan gol telat untuk meraih hasil imbang 1-1 dengan Kroasia agar bisa lolos, dan sang juara bertahan gagal tampil mengesankan, tidak seperti Euro 2020 ketika mereka lolos dari babak penyisihan grup dan mengalahkan Swiss dengan nyaman.

Setelah mengalahkan Turki 3-0 dalam pertandingan pembukaan mereka tiga tahun lalu, Italia mengalahkan Swiss dengan skor yang sama.

Bologna adalah tim yang menggemparkan Serie A musim lalu, finis di peringkat kelima klasemen untuk mengamankan tiket Liga Champions dan mungkin ada tiga pemain Bologna yang bermain di lapangan di Berlin, semuanya bermain untuk tim Swiss.

Sayangnya bagi Italia, Luciano Spalletti tidak akan bisa memainkan Riccardo Calafiori karena bek Bologna tersebut terkena skorsing. Calafiori melakukan langkah sebaliknya dengan banyak pemain Swiss ketika bergabung dengan Basel sebelum kembali ke Italia.

Gelandang Michel Aebischer mencetak gol dalam kemenangan pembukaan Swiss 3-1 atas Hungaria, penyerang Dan Ndoye membawa mereka unggul melawan Jerman Remo Freuler melengkapi trio Bologna Swiss.

“Saya turut prihatin pada Riccardo, sungguh. Saya ingin sekali menghadapinya di Olympiastadion,” kata Freuler.

“Namun pada hari Sabtu, tantangannya adalah Swiss melawan Italia. Bukan Bologna melawan Italia.”
Freuler dipinjamkan ke Bologna dari Nottingham Forest musim lalu, namun sebelumnya ia menghabiskan enam tahun di Atalanta, dan ini bukan pertandingan biasa bagi pemain berusia 32 tahun itu.

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Pertarungan Alot Denmark Vs Jerman di 16 Besar

“Tentu saja, ini bukan pertandingan seperti pertandingan lainnya bagi saya. Di Italia saya membangun karier saya, juga menemukan negara ideal untuk menghabiskan hidup saya bersama keluarga,” ujarnya.
"Namun, pada hari Sabtu, tidak akan ada banyak cinta. Ini adalah babak 16 besar dan tidak akan ada ruang untuk perasaan."
Freuler tahu bagian selanjutnya dari turnamen ini adalah di mana petenis Swiss itu akan dinilai.
“Melakukan dengan baik di bagian pertama turnamen itu penting. Pertandingan yang membuat perbedaan, pertandingan yang mampu mengubah dimensi tim nasional, adalah hal lain,” kata Freuler.
“Tetapi saya tidak takut. Dan Swiss tidak takut pada Italia.”**