Helo Timor Leste

Copa America 2024: Messi Gagal Penalti Argentina Diselamatkan Kiper saat Adu Penalti Melawan Ekuador

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Jumat, 5 Jul 2024 14:31
    Bagikan  
Kiper Argentina
AFP

Kiper Argentina - Kiper Argentina Emilliano Matinez gagalkan dua penalti ekuador

HELOTIMORLESTE.COM - Penjaga gawang Emiliano Martinez menjadi pahlawan, menyelamatkan dua penalti dan Lionel Messi yang malu saat juara bertahan Argentina mengalahkan Ekuador dalam adu penalti untuk mengamankan tempat mereka di semifinal Copa America pada hari Kamis.

Sundulan Lisandro Martinez telah membawa juara dunia Argentina unggul 1-0 sepuluh menit sebelum turun minum tetapi Kevin Rodriguez menyundul bola untuk menyamakan kedudukan di waktu tambahan bagi Ekuador, yang bangkit pada kesempatan itu di depan 69.456 penggemar di Stadion NRG Houston.

Messi gagal mengeksekusi penalti pembukaan, bola mencungkilnya ke mistar gawang, tetapi berkat kepahlawanan Martinez, Argentina bangkit untuk memenangkan adu penalti 4-2 dan melaju ke semifinal di mana mereka akan menghadapi pemenang pertandingan hari Jumat antara Venezuela dan Kanada.

Kegagalan Messi dalam 'panenka' mengingatkan kita pada kegagalannya dalam adu penalti melawan Chile di final Copa 2016, namun beruntung baginya, kiper Martinez sedang ingin mengulang masa lalunya.

Ia melakukan penyelamatan gemilang saat menahan tendangan Angel Mena dan Alan Minda serta membawa timnya unggul sebelum Nicolas Otamendi mencetak gol pada tendangan keempat yang menentukan.

Martinez telah menyelamatkan tiga tendangan penalti dalam kemenangan adu penalti 3-2 untuk Argentina atas Kolombia di semifinal Copa America 2021 dan terkenal menyelamatkan dua tendangan dalam kemenangan final Piala Dunia melawan Prancis di Qatar.

Baca juga: Jepang Kekurangan Penduduk, Militer Gunakan Strategi Baru Meskipun Ketinggalan dari China

Ekuador merasa kecewa setelah pertandingan di mana mereka telah menciptakan cukup banyak peluang untuk memenangi pertandingan.

Tim asuhan Felix Sanchez mengawali pertandingan dengan baik, mendominasi bola di lini tengah dan beberapa kali merepotkan pertahanan Argentina.

Moises Caicedo memiliki peluang awal, memanfaatkan sundulan Enner Valencia , tetapi tembakannya lemah dan mudah diamankan oleh kiper Argentina, Martinez.

Kemudian Moises Caicedo mengirim umpan cerdik kepada Jeremy Sarmiento yang tampil mengesankan, tetapi Martinez dengan cepat menyelamatkannya dengan kaki terentang dan Kendry Paez menceploskan bola liar ke atas mistar gawang.

Argentina secara bertahap menguasai permainan tetapi baru pada menit ke-28 mereka mendapatkan peluang pertama ketika sundulan Enzo Fernandez melebar setelah menerima umpan silang Nahuel Molina dari sisi kanan.

Tujuh menit kemudian, mereka justru unggul lebih dulu, Messi melepaskan tembakan sudut yang disambut Alexis Mac Allister di tiang dekat dengan sontekan dan Lisandro Martinez datang dengan sundulan keras yang tidak dapat ditepis kiper Ekuador Alexander Dominguez.

Fernandez segera memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan tetapi tembakan kaki kirinya melebar di tiang belakang dan Argentina masuk saat turun minum dengan keunggulan satu gol.

Ekuador mendapat harapan pada menit ke-62 ketika Rodrigo De Paul dianggap melakukan handball di dalam kotak penalti, namun penalti Valencia membentur sisi luar tiang gawang.

Baca juga: Tim asal Kota Matuto Relay Laleia FC Akhirnya Lolos ke Babak Semifinal Copa FFTL 2024

Namun pada tambahan waktu, Ekuador mengejutkan juara Copa 15 kali itu ketika Kevin Rodriguez menyundul umpan silang John Yeboah.

Ada tinjauan VAR, yang melihat apakah Jordy Caicedo telah mengganggu posisi offside di tiang belakang tetapi gol itu tetap sah.

Beberapa saat kemudian Jordy Caicedo memiliki peluang bagus untuk memenangkan pertandingan tetapi umpan silangnya dari sayap kiri dari posisi tengah yang bagus melebar.

Dengarkan lagu-lagu terbaru , hanya di JioSaavn.com

Itu berarti drama adu penalti dan kesempatan untuk mengejutkan juara bertahan pun sirna.**