Helo Timor Leste

50 Negara di Dunia Tertarik Kopi Hibrida Timor Leste, ACT Promosikan Kopi Secara Global Melalui Sosial Media

Dodo Hawe - Ekonomi -> Bisnis
Sabtu, 20 Jan 2024 09:26
    Bagikan  
PROMOSI
ACTL/ facebook

PROMOSI - Salah satu produk kopi dari ACTL Timor Leste yang kini gencar melakukan promosi via sosial media

HELOINDONESIA.COM - Asosiasi Kafe Timor (ACT) mempromosikan kopi produk anggotanya melalui media sosial dan memamerkan kopi di berbagai negara seperti Milan-Italia, Belanda, Singapura, hingga ke China.

Sarana yang digunakan untuk mempromosikan produk kopi Timor Leste melalui lama akun Facebook ACTL (asosiasaun Cafe)

Presiden mengatakan untuk promosi anggota Asosiasi Kafe Timor menampilkan proses pengolahan kopi khas Timor mulai dari awal biji kopi mentah hingga pemanggangan hingga mengeringkan.

Bahkan ditampilkan pula produk kopi yang sudah jadi untuk dipromosikan secara global melalu akun facebook itu.

Baca juga: Alasan Kopi Timor Leste Tetap Paling Enak di Dunia, Meskipun Bijinya Dicuri Negara Lain

Presiden ACT Timor Leste, Evangelino Monteiro Soares seperti dilansir kantor berita Tatoli, Jumat (19/1/2024) mengungkapkan terus melakukan promosi untuk membantu meningkatkan ekspor dari anggotanya ke belahan dunia.

Anggota ACT antara lain adalah PARCIC dan Timor Global mewakili ACT dalam mempromosikan kopi Timor di pasar global dan melalui promosi, sehingga anggota asosiasi bisa mengekspor kopi Timor ke luar negeri.

"Jumlah kopi untuk promosi tergantung perusahaannya, bisa bervariasi, mulai dari kami hanya membawa 2,3 kilogram hingga 10 kilogram biji kopi. Setiap anggota asosiasi yang mengekspor berhasil mengangkut total 18 ribu ton per tahun," ujarnya.

Baca juga: 6 Alasan Hebat Mengapa Anda Harus Memulai Hari Anda dengan Kopi

Timor-Leste mempromosikan kopi blend di dunia, sehingga meski sebagian orang mungkin belum mengenal Timor-Leste, melalui promosi ini masyarakat bisa mulai memahaminya.

Itulah sebabnya kopi hibrida menarik perhatian masyarakat di pasar dunia.

"Menurut sejarah, kopi hibrida sempat hilang sama sekali pada tahun 1927 di dunia, namun kopi hibrida Timor kitalah yang menyelamatkan kopi dunia," ujar Soares.

Baca juga: Sakit Kepala di Pagi Hari karena Tidak Minum Kopi? Inilah Ilmu untuk Menghadapinya

Baca juga: 6 Trik yang Digunakan Pakar Kopi Untuk Menghentikan Efek Buruk Kafein dengan Cepat

Menurutnya, saat ini lebih dari 50 negara tertarik dengan kopi hibrida asal Timor, seperti Brazil yang menyebutnya Catimor dan Meksiko yang menamainya Chatimor.

Adanya kopi hibrida Timor Leste membantu dalam mempromosikan produk kopi dengan mudah di pasar internasional karena banyak negara juga bisa memproduksi kopi hibrida Timor. **