Helo Timor Leste

PT Waskita Karya Dapat Kontrak Pembangunan Bandara Internasional President Nicolau Lobato Sebesar Rp1,1 Triliun

Augusto Sarmento - Ekonomi
Rabu, 19 Apr 2023 12:16
    Bagikan  
PT Waskita Karya Dapat Kontrak Pembangunan Bandara Internasional President Nicolau Lobato Sebesar Rp1,1 Triliun

Bandara Suai Timor Leste (Waskita Karya)

HELOTIMORLESTE.COM - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mendapatkan nilai kontrak baru (NKB)  pembangunan Bandara Internasional President Nicolau Lobato di Timor Leste,  Total nilai kontrak Rp 1,1 triliun," kata Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) Ermy Puspa Yunita dikutip Selasa (17/4/2023).

Dia mengatakan setelah sukses menyelesaikan proyek Bandara Suai dan jalan Sakato-Noefafan yang rampung pada 2020, Waskita kembali dipercaya Pemerintah Timor Leste pada tahun 2022 untuk mengerjakan proyek Jalan Noefefan-Oenuno di O?-Cusse, Timor Leste senilai US$ 22,1 juta atau Rp 322 milliar. 

Per Maret tahun ini, progresnya sudah mencapai 23,75%. ?Rencananya pada tahun 2024 mendatang tepatnya bulan Maret, proyek ini akan rampung dikerjakan,? tutur Ermy Puspa Yunita.

Selain itu, Waskita merupakan salah satu BUMN Karya yang ikut andil dalam pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ada enam proyek yang didapatkan Waskita di IKN, seperti Jalan Logistik Lingkar Sepaku Segmen 4, Tol IKN Segmen 5A, Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung, Kementerian Koordinator 3, Kementerian Koordinator 4, dan IPAL 123. "Untuk keseluruhan, total nilai kontrak di IKN yang sudah didapat Waskita Karya sebesar Rp 4,16 triliun," kata dia.

Sepanjang tahun 2022 hingga April 2023, telah menyelesaikan sejumah proyek. Untuk di dalam negeri di antaranya Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Gedung OJK di Maluku, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing. "Selain itu, Masjid Sheikh Zayed Solo yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Mohammed bin Zayed Al Nahyan dari Uni Emirat Arab," kata dia.

Proyek lainnya Masjid Baiturrahman Semarang yang sudah diresmikan Wakil Presiden KH Ma?ruf Amin. "Sedangkan pada tahun 2023, proyek Waskita yang sudah diresmikan adalah CMU 3 Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan Kawasan Suci Pura Besakih yang diresmikan Joko Widodo," kata dia.

PT Waskita Karya pernah membangun King Abdullah Makkah Extension (KAME) yang berada di Tanah Suci Makkah. Dalam proyek ini, perseroan menambahkan tingkatan lantai di Masjidil Haram dari tiga lantai menjadi 9 lantai. Tak hanya di Masjidil Haram saja, di negara Raja Abdullah ini, Waskita juga pernah membangun King Abdullah Financial District (KAFD).