Helo Timor Leste

Dalam Jangka Panjang Mobil Listrik Benar-Benar Lebih Murah? Simak Penjelasannya

Satwika Rumeksa - Ekonomi
Kamis, 5 Oct 2023 12:11
    Bagikan  
EV
Pixabay

EV - Mobil listrik lebih murah

HELOTIMORLESTE.COM - Bukan rahasia lagi bahwa kendaraan listrik (EV) memiliki beberapa keuntungan besar dibandingkan mobil bensin tradisional, salah satu yang paling umum adalah listrik jauh lebih murah daripada bahan bakar.

Dengan demikian biaya operasionalnya jauh lebih rendah. Namun, benarkah mobil listrik lebih murah untuk dijalankan dalam jangka panjang?

Biaya Tersembunyi 

Meskipun banyak orang beranggapan bahwa memiliki mobil listrik lebih murah daripada memiliki kendaraan bertenaga gas, sebenarnya ada beberapa biaya tersembunyi yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pembelian.

Baca juga: Bank Dunia Memprediksi Pertumbuhan 2,4% untuk Timor Leste Pada Tahun 2023

Saat Anda membeli mobil baru, harga mobil listrik cenderung lebih mahal daripada mobil dengan mesin pembakaran internal.

Kabar baiknya, selisih biaya ini semakin berkurang seiring berjalannya waktu, namun tetap saja hal ini perlu dipertimbangkan.

Biaya perawatan

Mobil listrik cenderung memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak sehingga membutuhkan lebih sedikit perawatan dan lebih jarang diservis. Meskipun demikian, mobil listrik tetap membutuhkan perawatan rutin, jadi Anda harus memperhitungkannya ke dalam biaya kepemilikan.

Ketersediaan stasiun pengisian daya

Mobil listrik membutuhkan pengisian daya yang lebih sering daripada mobil bensin, jadi Anda perlu mempertimbangkan biaya listrik serta ketersediaan stasiun pengisian daya. Di beberapa daerah, hal ini mungkin sulit didapat, jadi Anda harus mempertimbangkannya.

Baca juga: Nama Pragan Mencuat di Arus Bawah Projo untuk Pilpres 2024


Penghematan Biaya dari Mengendarai Mobil Listrik

Meskipun ada biaya tambahan di muka untuk membeli kendaraan listrik, penghematan jangka panjangnya bisa sangat signifikan.

Penghematan biaya yang paling jelas dari memiliki mobil listrik adalah bahan bakar. Listrik jauh lebih murah daripada bensin, jadi Anda bisa menghemat cukup banyak uang untuk biaya bahan bakar.


Insentif pajak

Banyak pemerintah menawarkan insentif pajak untuk kendaraan listrik, sehingga Anda dapat menghemat sedikit uang untuk pajak juga.

Biaya perawatan. Karena mobil listrik memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak, mereka membutuhkan servis dan perawatan yang lebih jarang, yang dapat menghemat cukup banyak uang dalam jangka panjang.

Apakah Kendaraan Listrik Lebih Murah untuk Dimiliki?

Jawaban dari pertanyaan ini tergantung pada banyak faktor, seperti biaya listrik di daerah Anda, ketersediaan stasiun pengisian daya, dan seberapa sering Anda berkendara.

Namun, secara umum, kendaraan listrik jauh lebih murah untuk dijalankan daripada kendaraan berbahan bakar bensin dan dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Baca juga: Persediaan Beras Timor Leste di Jamin Aman, Setelah India Setujui Permintaan Khusus Timor Leste untuk Impor Beras

Statistik industri menunjukkan bahwa kendaraan listrik dapat menghemat hingga $6.500 dalam biaya operasional selama lima tahun.

Itu berarti rata-rata $1.300 per tahun, dan penghematan ini akan terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi kendaraan listrik dan biaya listrik yang terus turun.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik dan memiliki akses ke stasiun pengisian daya, ada baiknya Anda melakukan riset dan mempertimbangkan pro dan kontra untuk melihat apakah mobil listrik tepat untuk Anda.

Dalam jangka panjang, mobil listrik bisa jauh lebih murah untuk dimiliki dan dioperasikan. Namun mungkin ada kelemahan lain, mobil ini di +62 belum bisa disekolahkan alias digadai jadi perlu pemikiran tersendiri.**