Helo Timor Leste

Timor Leste Menjajaki Maskapai Baru di Hawah Hibah USTDA

Augusto Sarmento - Ekonomi
Rabu, 26 Apr 2023 18:11
    Bagikan  
Timor Leste Menjajaki Maskapai Baru di Hawah Hibah USTDA

Ars?nio Paix?o Bano bersama Thomas E. Daley menandatangani kesepkatan

HELOTIMORLESTE.COM - Badan Perdagangan dan Pembangunan A.S. mengumumkan pendanaan hibah untuk studi kelayakan untuk mengembangkan maskapai penerbangan baru yang akan melayani eksklave O?-Cusse Ambeno Timor Leste. 

Proyek ini akan menghubungkan wilayah Timor Leste yang tidak bersebelahan melalui penerbangan, sekaligus meningkatkan koneksi negara tersebut ke berbagai tujuan di seluruh Asia Tenggara dan di seluruh dunia. Alton Aviation Consultancy yang berbasis di New York akan melakukan studi untuk penerima hibah USTDA, Daerah Administratif Khusus O?-Cusse Ambeno.

?Maskapai adalah penghubung penting untuk menghubungkan orang dan pasar serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, terutama di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik,? kata Enoh T. Ebong, Direktur USTDA. 

?Kemitraan kami dengan Timor Leste akan mendukung pengembangan salah satu prioritas infrastruktur terpentingnya di sektor di mana perusahaan AS memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan dalam hal keahlian dan teknologi.?

Daerah Administratif Khusus O?-Cusse Ambeno adalah eksklave pantai seluas 315 mil persegi di bagian barat pulau Timor. Bandara internasionalnya memiliki satu penerbangan setiap hari ke dan dari Dili, ibu kota Timor Leste, yang menampung kurang dari 20 pelancong. 

Di seluruh negeri, jumlah rute internasional yang beroperasi dari Timor Leste tetap dalam satu digit, menjadikannya salah satu pasar yang paling tidak terhubung di Asia Tenggara.

Tujuan studi USTDA adalah untuk menentukan kelayakan pendirian maskapai penerbangan baru yang akan meningkatkan lalu lintas penumpang dan kargo untuk O?-Cusse Ambeno dan Timor Leste. 

Studi ini akan mengembangkan kasus bisnis yang terperinci untuk maskapai baru tersebut, dan meninjau pasar penerbangan komersial Timor Leste saat ini dan potensial. 

Ini juga akan mengevaluasi opsi untuk kepemilikan bisnis maskapai, model operasional, strategi jaringan, dan strategi armada. Kasus bisnis akan mencakup keluaran model keuangan berdasarkan dua struktur kepemilikan bisnis yang diprioritaskan.

Ars?nio Paix?o Bano, Presiden Daerah Administratif Khusus O?-Cusse Ambeno, mengatakan: ?Daerah Administratif Khusus O?-Cusse Ambeno dibentuk untuk mempromosikan pembangunan inklusif bagi rakyatnya. Tujuan ini ditingkatkan melalui program nasional yang disebut Zona Khusus Ekonomi Pasar Sosial Timor Leste, yang memberi kami ketentuan hukum khusus untuk memajukan kegiatan sosial-ekonomi yang meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan komunitas kami. 

Ini termasuk penerbangan. Konektivitas udara ke pasar regional dan sekitar Timor-Leste secara bersamaan merupakan persyaratan dan peluang bagi Zona Khusus di O?-Kussi. Kemitraan kami dengan USTDA sangat berharga karena akan membantu mewujudkan prioritas ini.?

Thomas E. Daley, Charge d'Affaires di Kedutaan Besar AS di Timor Leste, berkata: ?Proyek ini mewakili komitmen AS untuk memperkuat kemitraan abadi kami dengan Timor Leste saat kami bekerja sama untuk memajukan hubungan yang lebih stabil, terhubung, dan makmur wilayah. 

Kami menantikan keberhasilan penyelesaian proyek ini dan lebih banyak koneksi penerbangan dari O?-Cusse dalam waktu dekat.?

Studi kelayakan ini adalah bagian dari program USTDA di bawah Program Kerjasama Penerbangan AS-Asia Tenggara dan Pasifik, yang bekerja sama dengan pemangku kepentingan penerbangan di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik untuk merancang program yang mempromosikan kerja sama teknis, kebijakan, dan komersial dalam penerbangan sipil. 

ACP dipimpin industri dan didukung pemerintah dengan kerja sama dari lima lembaga pemerintah AS dan lebih dari 40 mitra industri AS.**