Helo Timor Leste

Tangga Tempat Yesus Berkata untuk Menyembuhkan Orang Buta Ditemukan di Yerusalem

Satwika Rumeksa - Internasional
Sabtu, 9 Sep 2023 22:51
    Bagikan  
Siloam
REUTERS/GIL COHEN MAGEN

Siloam - Kolam Siloam di Yerusalem

HELOTIMORLESTE.COM - Sebuah tangga ditemukan di Kolam Kuno Siloam di Yerusalem, yang belum pernah terlihat selama lebih dari 2.000 tahun, demikian laporan pada hari Kamis.

Arti penting dari penemuan ini adalah bahwa ini adalah lokasi di mana Yesus menyembuhkan seorang pria buta dalam Perjanjian Baru, Fox News melaporkan. Lokasi itu sendiri pertama kali disebutkan dalam Perjanjian Lama, demikian laporan Washington Times baru-baru ini.

Penemuan ini dilakukan oleh para arkeolog setelah membuat kemajuan yang signifikan dalam penggalian situs tersebut. Sekitar delapan anak tangga berhasil digali, kata laporan Fox News.

Hal ini terjadi ketika Otoritas Kepurbakalaan Israel, Otoritas Taman Nasional Israel dan Yayasan Kota Daud mengumumkan pada awal tahun ini bahwa Kolam Kuno Siloam akan dibuka untuk umum untuk pertama kalinya dalam 2.000 tahun.

Baca juga: Gempa Dahsyat Landa Maroko Diperkirakan 1.000 Orang Tewas

Hingga saat ini, hanya sebagian kecil dari lokasi tersebut yang telah selesai digali dan dapat diakses oleh publik. Situs ini pada satu titik memiliki luas 1,25 hektar, menurut laporan Times.

Diharapkan lebih banyak lagi situs yang dapat diakses dari waktu ke waktu seiring dengan semakin banyaknya area yang digali, karena situs ini memiliki arti penting bagi umat Kristen dan Yahudi, demikian menurut Fox News.

Pendeta Johnnie Moore, presiden Kongres Pemimpin Kristen, mengatakan kepada Fox News Digital bahwa "di Kolam Siloam, kita menemukan bukti sejarah yang disimpan untuk kita, yang terungkap pada waktu yang tepat.

Baca juga: Penjahat Gunakan AI untuk Membuat Suara dan Foto Palsu untuk Menipu

"Secara teologis, hal ini menegaskan kitab suci; secara geografis, hal ini menegaskan kitab suci; dan secara politis, hal ini menegaskan hubungan Israel yang tak terbantahkan dan tak tertandingi dengan Yerusalem. Beberapa penemuan bersifat teoritis. Yang satu ini tidak dapat disangkal. Ini adalah bukti dari kisah Alkitab dan umatnya, Israel," lanjutnya.

Kolam Siloam dibangun sekitar 2.700 tahun yang lalu, Fox News melaporkan. Kolam ini digunakan sebagai bagian dari sistem air Yerusalem.**