Helo Timor Leste

Malaysia Membolehkan Kandidat Miss Universe dari Kalangan Emak-emak

Satwika Rumeksa - Lain-lain
Sabtu, 6 Jul 2024 16:26
    Bagikan  
Ellen Yong
Photos: Xuan.my, Miss Universe Malaysia/ Instagram

Ellen Yong - Direktur Nasional Miss Universe Malaysia, Eleen Yong (tengah), mengumumkan perubahan persyaratan masuk kemarin

HELOTIMORLESTE.COM - Kontes Miss Universe Malaysia (MUMO) telah mengumumkan perubahan dalam persyaratan kelayakannya, sehingga mendorong lebih banyak inklusivitas di antara para kontestan di masa depan.

Berbicara kepada pers Malaysia di menara MYEG di Selangor kemarin (4 Juli), Eleen Yong, direktur nasional MUMO, memulai pencarian Miss Universe Malaysia tahun ini dengan berbagi perubahannya.

Sebelumnya, kontes ini hanya terbuka untuk wanita lajang dan berusia 28 tahun ke bawah.

Kini, perempuan berusia di atas 18 tahun, termasuk mereka yang sudah menikah alias emak-emak, bercerai, dan/atau menjadi ibu, mempunyai kesempatan untuk memenuhi syarat.

Berdasarkan halaman pendaftaran Miss Universe Malaysia, kontestan tetap harus warga negara Malaysia non-Muslim, tinggi badan minimal 168cm, dan bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, Bahasa Melayu, Mandarin, atau Tamil.

Baca juga: Nasi Putih, Telur dan Kopi Menganung Bahan Kimia Tertinggi

MUMO mengatakan bahwa mereka bangga berada di balik perubahan ini dan secara aktif berupaya menjadi lebih inklusif setelah mendengarkan masukan dari masyarakat Malaysia.

Pemenang kontes ini, seperti biasa, akan mewakili Malaysia di panggung global Miss Universe.

Bagi mereka yang bertanya-tanya tentang kriteria kelayakan untuk kontes Miss Universe Singapura, sebuah sumber online tertanggal 25 Juni menyatakan bahwa “kontestan haruslah wanita Singapura berusia 18 hingga 29 tahun, dengan tinggi badan minimal 165cm”. Mereka juga harus “lajang, belum pernah menikah, dan tidak punya anak”.

Dengan diperkenalkannya persyaratan masuk MUMO yang baru, kita harus menunggu dan melihat apakah Miss Universe Singapura akan memperbarui kriteria mereka dengan cara yang sama.

Di halaman Instagram resmi Miss Universe Singapura, pihak yang berminat diminta mengirimkan pesan langsung untuk mendaftarkan minat mereka pada kontes tahun 2024.

8days.sg menghubungi Miss Universe Singapura tetapi belum menerima balasan hingga berita ini dimuat.**