Helo Timor Leste

Timor Leste Mengundah NUG ke Dili

Satwika Rumeksa - Nasional
Selasa, 4 Jul 2023 14:37
    Bagikan  
NUG
NUG

NUG - Zin Mar Aung dari NUG bertemu Presiden Ramos Horta

HELOTIMORLESTE.COM - Menteri Luar Negeri Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) Zin Mar Aung bertemu dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Dili pada 3 Juli.

Zin Mar Aung menghadiri upacara pengambilan sumpah pemerintahan Timor-Leste sebagai perwakilan resmi Burma pada 1 Juli.

Timor Leste adalah negara pertama di Asia Tenggara yang secara terbuka bertemu dengan pejabat NUG.

Presiden José Ramos-Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmão telah lama mendukung gerakan demokrasi Burma dan memenjarakan pemimpin Aung San Suu Kyi.

Baca juga: Mantan Penyidik KPK Punya Rekening Gajah Rp 300 Miliar, AKBP Tri Suhartanto: Uang Bisnis Sejak 2004

Pemerintah Persatuan Nasional Sementara Republik Persatuan Myanmar (NUG) adalah satu-satunya Pemerintah Republik Persatuan Myanmar yang sah dan dibentuk oleh Komite Mewakili Pyidaungsu Hluttaw – CRPH dengan kewenangan yang diberikan oleh Amanat Rakyat dari semua partai demokratik pemilihan yang diadakan pada tahun 2020

Semnatara itu sebuah survei yang dilakukan oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Proyek Pekerja Anak Regional Asia (ARC) menemukan bahwa kemiskinan adalah penyebab utama pekerja anak di Burma.

Lebih dari 70 persen pekerja anak yang diwawancarai di Karen, Yangon dan Ayeyarwady bekerja untuk membantu keuangan keluarga mereka.

Baca juga: 120 Hari Kerja Pemerintahan Baru Xanana, Janjikan Subsidi Kepada Media Online di Timor Leste

“Situasi ini semakin memburuk sejak COVID-19 dan konflik nasional yang disebabkan oleh krisis politik,” kata Donglin Li, Pejabat Penghubung dan Perwakilan ILO di Burma.

ILO di Burma menyerukan kesadaran yang lebih besar dan kebijakan baru untuk menangani pekerja anak.**