Helo Timor Leste

Ada Program Makan di Sekolah di Timor Leste untuk Memperbaiki Gizi Anak-anak

Dodo Hawe - Nasional
Selasa, 18 Jul 2023 15:23
    Bagikan  
BERSAMA ANAK-ANAK
Xanana ba Ema Hotu/facebook

BERSAMA ANAK-ANAK - Ilustrasi, PM Xanana Gusmao bersama anak-anak Timor Leste membagikan kue saat dirinya ulang tahun ke-77

HELOTIMORLESTE.COM - Pemerintah Timor Leste bersama USAID dan sejumlah mitra dan LSM meluncurkan menu ikan Nila untuk program Merenda Eskolar di Kotamadya Ermera.

Program Merenda Eskolar merupakan program pemenuhai gizi dengan memberikan makanan kepada anak-anak di Timor Leste khususnya di Ermera.

Direktur Ketahanan Pangan Nasional Timor Leste, Rofino Soares Gusmao kepada timorpost.com, Senin (17/7/2023) mengungkapkan tentang pencanangan program Merenda Escolar.

Menurut Rafino pencangan program itu sangat penting, dan selma ini pemerintah sudah memiliki program tersebut.

Baca juga: Ini Risiko jika Anak-anak Tidak Diberi Imunisasi Lengkap: Terdampak Polio, TBC, Difteri hingga Pneumonia

Akan tetapi menurut Rafino makanan yang disajikan kepada anak-anak belum ada ikan, sehingga sekarang ini dilaksanakan.

Untuk itu maka orang tua murid harus bekerjasama dengan pemerintah untuk melaksanakan program itu.

Dengan demikian anak-anak dapat dijamin mendapatkan makanan bergizi dalam proses pembelajaran dan kontribusi pada kesehatan anak.

Baca juga: Begini Derita Anak-anak Setelah Menyaksikan Sang Ayah Membunuh Mamanya di Manufahi, Lalu Mengubur di Lapangan Sepakbola

"Ini merupakan langkah bagus dalam mengatasi gizi buruk anak-anak di tanah air, khususnya anak--anak sekolah," jelasnya.

Sementara World Food Programme (WFP) merekomendasikan kepada pemerintah Timor Leste untuk menerapkan program Meal Collection Program (MCP), program pengumpulan makanan, bagi anak-anak saat sekolah.

Baca juga: Maun Boot Kay Rala Xanana Gusmao Rayakan Ulang Tahunnya ke-77 Bersama Anak-anak Timor Leste di Tengah Malam yang Gelap

Tujuannya adalah utnuk mengurangi gizi buruk di dalam negeri dan juga anak-anak dapat mengkonsumsi makanan berigizi.

Mengingat anak-anak dalam masa pertumbuhan, maka pihak pemerintah maupun sekolah harus menyediakan makanan bergizi bagi siswa untuk meningkatkan gizi, sehingga mereka bisa belajar dengan baik. **