Helo Timor Leste

Timor Leste dan Portugal Bergabung untuk Memerangi Imigrasi ilegal

Satwika Rumeksa - Nasional
Kamis, 27 Jul 2023 16:41
    Bagikan  
PM Portugal
Lusa

PM Portugal - Perdana Menteri Portugal Antonio Costa

HELOTIMORLESTE.COM - Perdana Menteri, António Costa, mengatakan hari ini di Dili bahwa Portugal dan Timor Leste sedang menciptakan model untuk memerangi imigrasi ilegal, perdagangan manusia dan eksploitasi.

Di akhir pertemuan dengan Presiden Timor, José Ramos-Horta, Perdana Menteri mengatakan kepada Lusa bahwa topik mobilitas dan eksploitasi tenaga kerja orang Timor di Portugal telah dibahas.

“Masalahnya sudah disinggung. Seperti yang Anda tahu, masalah sudah dihentikan saat itu dan kami, sejak tanggal 10, telah mengeluarkan visa lagi, tetapi sekarang dengan cara yang lebih terkontrol. Ada intervensi terkait dengan orang Timor yang di wilayah Portugis,” jelasnya.

António Costa mengatakan bahwa sebuah protokol akan ditandatangani dengan Timor Leste pada Rabu 26 Juli:

"Itu akan memungkinkan kita untuk mengikuti praktik yang baik, yang notabene, kata Presiden [Timor Leste], bahwa Jerman telah berlatih di beberapa negara dan bahwa kami sudah berlatih di Cape Verde, melakukan pelatihan di tempat, di negara asal, agar orang mengembangkan kegiatan profesional baik di negara asal atau di Portugal, tetapi sudah dengan pelatihan selesai.

Pejabat Portugis menekankan bahwa "migrasi adalah bagian dari pengalaman manusia" dan bahwa "hal mendasar adalah bahwa migrasi dilakukan melalui jalur hukum, sehingga untuk keuntungan mereka sendiri, untuk kepentingan negara asal dan negara tujuan."

“Dan satu-satunya cara yang efektif untuk memerangi imigrasi ilegal dan perdagangan manusia adalah dengan memiliki jalur migrasi yang legal. Dan itulah yang sedang kita lakukan dan bangun,” pungkasnya.

Isu imigran Timor yang tiba di Portugal karena tertarik dengan kondisi hidup yang lebih baik, namun tanpa jaminan pekerjaan atau akomodasi, menjadi salah satu tema yang diangkat dalam kunjungan Ramos-Horta ke Portugal akhir tahun lalu.

Kepala negara Timor bertemu dengan Presiden, dalam pertemuan di mana mereka berbicara tentang gelombang baru-baru ini imigrasi orang Timor ke Portugal, dengan Marcelo Rebelo de Sousa menyatakan bahwa pihak berwenang Portugal dan Timor-Leste bekerja sama untuk menciptakan kondisi tinggal bagi rakyat Timor dan memerangi ilegalitas.