Helo Timor Leste

Sereal Super untuk Mengatasi Kekurangan Gizi dan Stunting di Timor Leste

Satwika Rumeksa - Nasional
Sabtu, 6 Jan 2024 09:45
    Bagikan  
Super Sereal
Istimewa

Super Sereal - Super sereal untuk ibu-ibu agar cukup gizi

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Kesehatan Timor Lorosae dan Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP) kemarin menandatangani perjanjian yang didukung oleh dana sebesar US$600.000 untuk membeli stok sereal super, makanan bergizi khusus untuk mengatasi kekurangan gizi pada ibu hamil dan menyusui.

Berdasarkan perjanjian tersebut, uang tersebut akan digunakan untuk membeli 389 metrik ton Super Cereal, yang dijadwalkan untuk didistribusikan pada tahun 2024, menurut kementerian. Sereal super, yang telah terbukti mengatasi dan menangani malnutrisi akut dan kronis, akan membantu sekitar 10,819 wanita hamil dan menyusui di 13 kota yang menghadapi kesenjangan pangan bergizi.

“Perempuan dan anak perempuan usia subur menghadapi beban terberat dari kesenjangan pangan bergizi di negara ini. Hal ini, ditambah dengan dampak COVID-19, peningkatan harga pangan, dan guncangan iklim, menempatkan perempuan pada peningkatan risiko malnutrisi.

WFP sangat senang dapat bermitra bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan ini melalui pengadaan sereal super dan untuk mendukung masa depan yang lebih sehat bagi ibu dan anak di Timor-Leste,” kata Alba Cecilia Garzón Olivares, Perwakilan WFP untuk Timor Leste.

Baca juga: India Kirim Kapal Perang Setelah Pembajakan Kapal Berbendera Liberia di Laut Arab

Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi Timor Leste yang lebih luas untuk memberantas stunting dan mencapai tujuan nihil kelaparan pada tahun 2030.

“Dengan menyediakan sereal super melalui pusat kesehatan masyarakat, pemerintah Timor-Leste akan meningkatkan gizi ibu hamil dan menyusui di saat-saat penting dalam tumbuh kembang anak mereka,” Menteri Kesehatan Élia A.A. dos Reis Amaral mengatakan pada upacara penandatanganan di Dili, yang dihadiri oleh Wakil Direktur WFP Amin Said.

Sereal super adalah bubur yang diperkaya tinggi yang terbuat dari campuran jagung, kedelai, susu skim kering, dan pemanis. Ini memberikan kalori, protein dan vitamin untuk ibu hamil dan menyusui.**