Helo Timor Leste

Selamat, Pusat Influenza Nasional Timor-Leste Mendapat Pengakuan dari WHO

Ugu - Nasional
Rabu, 3 Apr 2024 09:35
    Bagikan  
Laboratorium
WHO.INT

Laboratorium - Laboratorium kesehatan Timor Leste

Helotimorleste- Laboratorium influenza di Laboratorium Kesehatan Nasional Timor-Leste telah diakui sebagai Pusat Influenza Nasional (NIC) di bawah Program Influenza Global WHO sebagai anggota Sistem Pengawasan dan Respons Influenza Global (GISRS).

Sejak tahun 2018, Timor-Leste telah menjalani proses untuk menunjuk Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional (NPHL) sebagai Pusat Influenza Nasional (NIC) WHO.

Prestasi ini bisa dicapai karena dukungan teknis dan finansial yang terkoordinasi dari Pusat Kolaborasi WHO untuk Referensi dan Penelitian mengenai Influenza di Melbourne, Australia, Kantor Regional WHO Asia Tenggara, dan Kontribusi Kemitraan Kerangka Kerja Kesiapsiagaan Influenza Pandemi (PIP) WHO.

Baca juga: Sumber Minyak Baru Lepas Pantai Timor Leste, Masuk Tahap Survei, Pengeboran di Akhir 2024

Dengan dukungan tersebut, menjadikan kapasitas inti pengawasan influenza dan deteksi laboratorium telah diperkuat – menjadikan NPHL sebagai laboratorium utama di negara ini untuk surveilans influenza, dan kini menjadi anggota Sistem Pengawasan dan Respons Influenza Global (GISRS).

Timor-Leste memperoleh manfaat dari pendampingan dan dukungan teknis yang konsisten untuk membangun dan memperkuat fungsi-fungsi utama yang diperlukan untuk surveilans dan deteksi influenza – termasuk pengumpulan dan rujukan spesimen, dan diagnostik menggunakan teknik RT-PCR.

Baca juga: Estrella Membuat Sejarah dengan Hibah Eksplorasi Mineral di Timor Leste

Kapasitas ini ditunjukkan setiap tahun melalui partisipasi dan perolehan nilai tinggi mereka dalam Program Penilaian Kualitas Eksternal (EQAP) WHO – meskipun terdapat tantangan logistik. Hal ini juga menjadi dasar untuk segera membangun dan mempertahankan kapasitas pengujian SARS-CoV-2, yang sangat bermanfaat dalam respons mereka terhadap pandemi COVID-19.

Hal ini menjadi dasar bagi langkah selanjutnya dalam proses pengakuan, termasuk pendampingan berkelanjutan, dan melakukan penilaian bersama dengan Pusat Kolaborasi WHO dan SEARO – yang mencakup tinjauan prosedur dan dokumen, serta kunjungan lapangan.

Melalui hal ini, dan penilaian berkala lebih lanjut, bidang-bidang utama yang memerlukan penguatan lebih lanjut diidentifikasi dan ditingkatkan, termasuk manajemen bio-risiko, pengendalian kualitas, dan pemeliharaan peralatan.

Selama proses ini, Timor-Leste menunjukkan peningkatan partisipasi dalam jaringan GISRS – termasuk berbagi virus influenza dengan Pusat Kolaborasi WHO, melaporkan data pengawasan virologi influenza ke FluNet, partisipasi dan skor tinggi dalam WHO EQAP, dan pada tahun 2022, pelaporan data epidemiologi ke Cairan. Partisipasi ini meningkatkan keterwakilan data dan memfasilitasi respons yang lebih tepat waktu dan efektif terhadap pandemi influenza di masa depan.

Menyadari kemajuan yang dilakukan NPHL, komitmen nasional untuk membangun dan mempertahankan kapasitas pengawasan dan deteksi influenza, serta partisipasi konsisten mereka dalam jaringan GISRS, pada bulan Agustus 2023 NPHL diakui sebagai NIC ke-151 di GISRS. Selamat!