Helo Timor Leste

Bravo Lima Lakukan Sosialisasi dan Dialog Kebangsaan Untuk Persatuan Pasca Pemilu 2024

Ugu - Nasional
Rabu, 10 Jul 2024 15:55
    Bagikan  
DPD Bravo Lima
Pur

DPD Bravo Lima - DPD Bravo Lima

Helotimorleste- Pada tanggal 10 Juli 2024, jajaran pengurus DPD Bravo Lima Jawa Timur menyelenggarakan Sosialisasi dan Dialog Kebangsaan dengan tema "Merajut kembali persatuan bangsa menuju perdamaian pasca Pemilu 2024." Acara ini diadakan di aula kantor Bakesbangpol Jatim dan menghadirkan pemateri Irjen. Pol. Dr. Andry Wibowo, SIK. MH. MSi, Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi KEMENKO POLHUKAM RI.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol Andry menyampaikan bahwa Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan lancar, menunjukkan stabilitas politik, ekonomi, keamanan, dan sosial. Namun, tantangan masih ada dan memerlukan kerjasama dari seluruh elemen bangsa, termasuk pemerintah, masyarakat, TNI/Polri, dan organisasi masyarakat sipil.

Baca juga: Ciri Ablasi Retina, Penyakit Mata Berbahaya yang Diderita Pada Usia 40 Tahun ke Atas

Andry berharap Bravo Lima Jawa Timur dapat berperan sebagai inisiator dalam memperkuat persatuan dan merangkul seluruh komponen masyarakat yang sempat terpolarisasi selama Pemilu, baik dalam pilihan partai politik maupun calon Presiden.

Selanjutnya, Andry menekankan pentingnya menjaga harmoni dan demokrasi yang aman dalam Pilkada ke depan. Setelah masa transisi pemerintahan, Bravo Lima akan mendukung agenda pemerintahan baru.

Baca juga: IKN Masih Kekurangan Investor, Jokowi Pergi Temui Pemilik Burj Khalifa Dubai

Dari pengalaman pemilu sebelumnya, Andry menyoroti pentingnya menghindari fragmentasi yang berpotensi menjadi ekstremisme atau radikalisme dalam pilihan politik.

undefined

" Itu harus diurai, diikatkan kembali pada konstruksi membangun Harmoni karena kedepan, kita juga akan menghadapi Pilkada," kata Andry.

Selain itu, diharapkan proses demokrasi akan membentuk birokrasi yang modern, profesional, akuntabel, dan melayani masyarakat serta bangsa.

Sementara itu Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) DPD Bravo Lima Jatim, Raya Sumantoro mengacu pada petunjuk Ketua Umum Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, menegaskan bahwa Bravo Lima harus bersikap netral dan tidak mendukung partai atau calon dalam jabatan politik. Tugas mereka adalah mengawal pemerintah dan mengantisipasi potensi ancaman terhadap NKRI.

Bravo Lima yang dibina Luhut Binsar Pandjaitan saat ini untuk DPD Jawa Timur saat ini sudah mencakup 70 persen kabupaten/kota. Mereka akan terus menjaga konsistensi kebijakan pemerintah pusat dan daerah serta berperan sebagai benteng pertahanan nasional.

"Tugas kita adalah mengawal pemerintah yang ada, termasuk juga mengantisipasi sejak dini dan melakukan aksi pencegahan terhadap berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman terhadap NKRI," ungkap Raya.

Di akhir acara, dilakukan pelantikan beberapa jajaran pengurus DPC Bravo Lima di berbagai kota dan kabupaten, termasuk Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Ponorogo, Jember, Jombang, Mojokerto, dan Nganjuk.***