Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Kolombia Sikat Korsel 2-0

Satwika Rumeksa - Olahraga
Selasa, 25 Jul 2023 14:37
    Bagikan  
Kolombia
Getty

Kolombia - Pemain Kolombia Casey Phair

HELOTIMORLESTE.COM - Kolombia memulai Piala Dunia Wanita FIFA 2023 dengan awal yang sempurna dengan kemenangan atas Korea Selatan di Sydney.

Catalina Usme membuat tim Amerika Selatan itu unggul dari titik penalti, sebelum remaja Linda Caicedo menggandakan keunggulan berkat kesalahan kiper Korea Yoon Young-geul.

Itu sudah cukup untuk memberi Kolombia kemenangan kedua mereka di turnamen tersebut.

Bagi Korea Selatan, sejarah dibuat saat Casey Phair menjadi pemain termuda di Piala Dunia Wanita.

Penyerang, yang baru berusia 16 tahun dan 26 hari, dimasukkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-77.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Bintang Jerman Ini Tolak Tawaran Foto Telanjang Playboy, Pilih Jadi Presenter

Negara Asia, yang kini kalah dalam empat pertandingan pembukaan Piala Dunia Wanita, selanjutnya akan menghadapi Maroko pada 30 Juli dalam pertandingan Grup H yang harus dimenangkan, sebelum Kolombia melawan Jerman.

Kolombia yang penuh warna membuat tanda mereka
Ini bisa jadi Piala Dunia Kolombia - mereka mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen 2023 dan hanya kalah tipis dari Australia dan Selandia Baru.

Meskipun mereka mungkin tidak berada di rumah, pasukan penggemar yang sangat keras merupakan mayoritas dari 24.323 penonton di Stadion Sepak Bola Sydney - dan diberi penghargaan.

Korea Selatan melakukan yang terbaik untuk membuat Kolombia merasa nyaman, memberi mereka keunggulan dua gol di babak pertama melalui dua kesalahan pertahanan.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Ary Borges Trigol, Brasil Menang 4-0 Atas Panama

Pada menit ke-28, permainan yang panik dengan beberapa defleksi dan tembakan yang salah sasaran berakhir ketika Shim Seo-yeon memblokir upaya yang mengarah ke gawang dengan lengannya.

Usme dengan tenang mencetak gol tendangan penalti, memicu perayaan liar di antara para penggemar berkaos kuning.

Yang terburuk belum datang untuk Korea Selatan, karena Caicedo menggandakan keunggulan Kolombia di saat yang mengerikan bagi kiper Yoon.

Pemain sayap Real Madrid Caicedo diberikan terlalu banyak waktu dan ruang untuk berlari di pertahanan di sisi kiri, dia memotong ke dalam dan upaya melengkungnya yang jinak seharusnya dapat diselamatkan tetapi Yoon salah waktu melompat dan bola lolos dari sarung tangannya dan masuk ke gawang.

Namun dorongan, keterampilan, dan pandangan ke depan Caicedo menunjukkan mengapa, di usianya yang baru 18 tahun, dia adalah salah satu bintang muda yang paling diminati di turnamen.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Maroko Bukan Tandingan Jerman, Digelontor Enam Gol Tanpa Balas

Golnya membuatnya menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di Piala Dunia Wanita, setelah pemain Brasil Marta, yang melakukannya pada usia 17 tahun pada 2003.

Kolombia nyaris memperbesar keunggulan mereka setelah turun minum ketika sundulan Mayra Ramirez masih melebar.

Kemenangan tersebut meningkatkan peluang mereka untuk lolos dari Grup H, membuat mereka menyamakan poin dengan favorit Jerman.**